Update

Rooney Belum Pasti Jadi Pemain Utama Timnas Inggris Euro 2016

indolivescore.com – Wayne Rooney telah meyakinkan bahwa ia akan pulih dari cedera bulan depan dan akan siap untuk membela Inggris di ajang Piala Eropa 2016. Namun, Manajer Timnas Inggris Roy Hodgson menegaskan dirinya tak bisa menjamin Rooney menjadi starter walaupun dipanggil.

Apalagi saat ini, Inggris sedang kebanjiran penyerang berkualitas. Saat ini dua penyerang lokal sedang bersaing merebut tahta topskor Liga Inggris, Harry Kane (Tottenham Hotspur) dan Jamie Vardy (Leicester City). Lalu untuk jeda internasional dua pekan lagi, Hodgson memanggil penyerang Liverpool Daniel Sturridge dan penyerang Arsenal Danny Welbeck.

Empat penyerang itu pun bisa saja menggeser Rooney–yang notabene adalah kapten timnas–dari posisi terdepan dalam tim.

“Saya tidak pernah mengatakan siapa yang jadi pemain utama. Apakah Rooney memiliki peluang bagus dengan rekam jejak, kemampuan, dan pengalamannya? Tentu saja. Tapi itu tidak berarti ia akan masuk ke lini pemain utama,” tukas Hodgson seperti dikutip dari The Guardian.

Walaupun Hodgson menilai Rooney sulit untuk kembali kepada kemampuan terbaiknya, peran dan pengalmaan Rooney sebagai kapten timnas Inggris akan bermanfaat di Perancis. Atas dasar itu, Hodgson bisa memastikan timnas Inggris akan memerlukan keberadaan dan kemampuan Rooney di lapangan.


“Wayne Rooney sadar dengan kondisinya saat ini, ia tahu itu. Jika saya pikir orang lain lebih baik atau ada pemain yang tepat untuk bermain dalam cara tertentu, Rooney akan menerimanya karena dia adalah seorang pesepakbola, pemimpin, dan kapten kami,” kata Hodgson.

Dalam ajang Piala Eropa 2016 nanti, Inggris berada di dalam Grup B. Timnas The Three Lions itu harus bersaing dengan Rusia, Slovakia, dan Wales untuk mendapatkan tiket ke fase gugur.

To Top