👍 Liga Indonesia

Pembekuan Status PSSI Oleh FIFA Akan Lebih Lama

indolivescore.com – Sempat muncul angin segar pemerintah akan segera mencabut pembekuan PSSI, ternyata hanya isapan jempol belaka.

Bisa jadi, pembekuan PSSI akan lebih lama lagi dari prakiraan semula. Pemerintah memberikan isyarat bahwa penyelesaian persoalan organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan dibicarakan langsung dengan asosiasi tertinggi sepak bola dunia FIFA, yang kini sudah memiliki pemimpin yang baru, Giani Infantino.

Dengan begitu, sampai saat ini belum ada keputusan dari pemerintah tentang pencabutan pembekuan PSSI. “Kemarin, FIFA sudah mendapat ketua baru. Ini segera kita akan kirim utusan untuk membicarakan masalah PSSI,” kata Presiden Joko Widodo setelah menyaksikan acara Penandatanganan Kontrak Kegiatan Strategis Tahun Anggaran 2016 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di lobi Kementerian ESDM, Senin (29/2/2016).

Kompetisi resmi yang diharapkan klub bisa bergulir, mentah kembali

Keputusan pemerintah itu, makin mempertegas kompetisi resmi yang diharapkan seluruh klub di Indonesia bisa bergulir mentah kembali. Kini, klub terfokus pada turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang akan digelar oleh operator baru, PT Gelora Trisula Semesta. Sebelumnya, Direktur Utama PT Gelora, Joko Driyono sempat memberikan sinyal jika ISC mulai bergulir pada 15 April dan pembekuan PSSI oleh pemerintah dicabut pada sebelum “kick off”, maka turnamen itu menjadi resmi sebuah kompetisi sehingga ada sistem promosi dan degradasi klub.


Namun, jika pembekuan itu belum juga dicabut, otomatis sistem promosi dan degradasi tidak berlaku. Jokowi juga mengatakan mengenai pencabutan pembekuan PSSI, akan dibahas nantinya. “Tentu saja segera akan dilakukan setelah nanti ada kesepakatan, setelah bertemu dengan FIFA mengenai agenda di PSSI,” katanya seperti dalam keterangan pers Tim Komunikasi Presiden. Rencana itu dipastikan Jokowi akan dilakukan secepat-cepatnya. “Secepat-cepatnya. Kita sudah ada roadmap-nya,” kata Jokowi.

To Top