👍 Sepakbola Italia

Wonderkid Arsenal Menarik Minat AC Milan

Mengenal Folarin Balogun, wonderkid Arsenal yang dibidik AC Milan untuk diboyong gratis di bursa transfer musim panas sebagai pengganti Zlatan Ibrahimovic.

Sejak didatangkan di bursa transfer musim dingin 2020, Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain penting bagi AC Milan. Musim lalu, ia mencetak 10 gol dari 18 laga Serie A Italia untuk membawa AC Milan ke peringkat 6 dan merebut tiket kualifikasi Liga Europa.

Musim ini, bintang Swedia itu menjadi sosok kunci kesuksesan Rossoneri menembus 2 besar klasemen Serie A Italia dan menjadi kandidat juara. Meski beberapa kali absen karena cedera dan terjangkit Covid-19, ia tetap tajam dengan torehan 14 gol dari 12 laga.

Torehan itu membuat AC Milan pun berencana memperpanjang kontrak Ibrahimovic, yang sejatinya akan habis akhir musim ini.

Namun, dengan usia Ibra yang sudah 39 tahun, Rossoneri juga sudah mulai menyiapkan rencana jangka panjang. Di bursa transfer musim panas nanti, mereka berencana mendatangkan penyerang muda sebagai penerus Ibrahimovic.


Dengan demikian, sang penyerang muda itu nantinya diharapkan bisa belajar langsung dari Ibrahimovic, sebelum kemudian mengambil alih tempat penyerang veteran tersebut.

Dilansir Calciomercato, salah satu bintang muda yang diketahui masuk dalam bidikan AC Milan adalah Folarin Balogun, wonderkid milik klub Liga Inggris, Arsenal.

Rossoneri sendiri bisa mendapatkan pemain berusia 19 tahun tersebut secara gratis. Pasalnya, kontrak Balogun di Emirates Stadium akan habis akhir musim ini, dan hingga kini belum ada tanda-tanda perpanjangan.

Dengan situasi ini, Milan pun sudah bisa menggelar pembicaraan dengan Balogun dan Arsenal tak bisa mencegah jika sang pemain muda akhirnya menjalin kesepakatan prakontrak dengan Rossoneri.

Lantas, siapa sebenarnya Folarin Balogun yang mampu menarik minat AC Milan dan dinilai layak menjadi pengganti Zlatan Ibrahimovic?

Meski lahir di New York City, Folarin Balogun pindah ke London sejak usia 2 tahun. Pada umur 8 tahun, ia akhirnya bergabung dengan Arsenal meski sebelumnya sempat menjalani trial bersama Tottenham Hotspur.

Bakar besarnya membuat ia dengan cepat mendaki tangga tim muda usia The Gunners. Usai tampil tajam dengan 38 gol dari 41 laga di tim U-18, ia pun naik ke tim U-23 meski usianya bahkan belum 20 tahun.

Balogun kemudian menandatangani kontrak profesional pada Februari 2019 lalu, dan menjalani debutnya di tim utama The Gunners pada Oktober 2020 lalu, di laga grup Liga Europa menghadapi Dundalk.

Di laga keduanya di Liga Europa ketika menghadapi Molde sebulan kemudian, ia mencetak gol pertamanya untuk Arsenal dan membantu timnya menang 3-0, meski ia baru masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-82.

Secara total, musim ini Folarin Balogun telah tampil 5 kali untuk The Gunners di semua kompetisi yang semuanya dilakukan sebagai pemain pengganti, dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Meski demikian, ia belum sekalipun membela Meriam London di Liga Inggris.

Sementara itu, untuk tim Arsenal U-23, sejauh ini ia sudah mencetak 20 gol dari 45 pertandingan di semua kompetisi.

Ketajaman dan bakat besarnya pun membuat The Gunners ingin memberinya kontrak baru. Namun, minimnya kesempatan yang ia terima dibandingkan pemain seusianya seperti Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe yang tampil reguler di tim utama, membuat Balogun belum menyepakati tawaran itu.

Situasi inilah yang kemudian hendak dimanfaatkan AC Milan. Meski musim depan Balogun diproyeksikan menjadi pelapis  Zlatan Ibrahimovic alih-alih pemain utama, namun minimnya penyerang tengah Rossoneri membuat potensi Balogun mendapatkan menit bermain lebih tinggi dibandingkan di Emirates Stadium.

Menarik ditunggu klub mana yang akhirnya mendapatkan jasa Folarin Balogun musim depan. Arsenal, AC Milan, atau justru ada klub lain di luar keduanya.

To Top