Update

Tihana Nemcic Perempuan Pertama yang Jadi Pelatih Tim Sepak Bola Pria

Nama Tihana Nemcic sempat jadi bahan pembicaraan. Hal tersebut terjadi setelah model cantik asal Kroasia itu ditunjuk sebagai pelatih klub Divisi 5 Kroasia, NK Viktorija Vojakovac.

Nemcic bahkan tercatat menjadi wanita pertama yang menangani tim yang beranggotakan pemain pria. Manajemen Viktorija Vojakovac kala itu tentu tak asal pilih. Tihana memiliki segudang kredibiltas untuk menduduki posisi tersebut.

Ia memiliki kemampuan olah bola yang cukup mumpuni. Ia juga masih tercatat sebagai pemain di tim Dinamo Zagreb putri dan anggota di tim nasional Kroasia putri.

Selain itu, langkah Nemcic untuk menjadi seorang pelatih bukan tanpa alasan. Latar belakang pendidikan di bidang olahraga sangat mendukung pekerjaannya kala itu.

Padahal, Nemcic sendiri sebelumnya berkutat di dunia modeling. Nemcic bahkan pernah menjadi finalis Miss Sport Kroasia 2008. Saat itu, ia masuk deretan 15 kontestan terbaik.


Meski demikian, Tihana memiliki gairah yang lebih besar di dunia sepakbola. Ke depannya, Tihana memiliki impian membawa Viktorija ke pentas tertinggi sepakbola Kroasia.

Meski menangani tim pria, Tihana mengaku tidak mengalami kesulitan dan para pemain juga tetap menghormatinya sebagi pelatih.

“Saya pelatih kepala dan saya memiliki kebebasan penuh untuk menciptakan dan merencanakan taktik tim, ujar Tihana, seperti dilansir dari laman Daily Mail.

“Jika seorang wanita dan seorang pria memiliki kualifikasi profesional yang sama untuk pekerjaan kepelatihan, saya tidak melihat alasan mengapa saya tidak boleh masuk ke sepakbola pria,” tandasnya.

To Top