Update

Spanyol Menuju Juara Tiga Kali Beruntun Piala Eropa

indolivescore.com – Timnas Spanyol telah mencetak sejarah sebagai tim pertama yang berhasil menjadi juara Piala Eropadalam dua periode secara berturut-turut pada 2008 dan 2012.

Tahun 2016 ini, La Furia Roja berada di jalur menuju rekor baru sebagai tim yang mampu juara di Eropa tiga penyelenggaraanPiala Eropa secara berturut-turut.

Momentum Piala Eropa 2016 di Prancis akan dijadikan sebagai kesempatan untuk bangkit setelah gagal mempertahankan status sebagai juara di ajang Piala Dunia.

Pamor sebagai juara di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 memudar setelah Spanyol babak belur di Piala Dunia 2014.

Mereka terhenti di babak penyisihan grup dengan hanya meraih satu-satunya kemenangan atas Australia setelah kalah dari Belanda 1-5 dan takluk dari Cile 0-2.


Meski beberapa pemain timnas Spanyol saat Piala Dunia 2010 sudah berganti, tak ada lagi Carlos Puyol, Xavi Hernandez, dan Xabi Alonso. Sebagian pemain sudah berganti dengan pemain baru, namun harapan tim besutan Vicente del Bosque itu masih sangat besar. Mereka optimistis untuk kembali jadi penguasa Eropa.

Kegagalan di Piala Dunia 2014 tak membuat mereka dipandang sebelah mata. Mereka datang ke Prancis di Piala Eropa tahun ini masih sebagai salah satu tim favorit juara.

Pada babak kualifikasi Piala Eropa Spanyol tampil meyakinkan. Pelatih Vicente del Bosque telah meramu formula baru kekuatan sepak bola Spanyol dengan suntikan pemain-pemain muda berbakat yang sebelumnya pernah memenangkan dua dari tigaPiala Eropa U-21 terakhir.

Pemilihan pemain sudah hampir rampung. Del Bosque sudah memilih 24 pemain. Artinya, hanya tinggal satu pemain yang nanti akan tercoret saat Piala Eropa dimulai.

Seperti dilansir Antara dari AFP, Spanyol sudah memulai fase persiapan Piala Eropa 2016. Mereka sudah menggelar pelatihan pertama  pada Senin (23/05). Latihan itu hanya dihadiri delapan dari 24 pemain yang dipanggil pelatih Vicente del Bosque. Sejumlah pemain masih terikat komitmen klub.

Di antara pemain yang hadir dalam sesi pelatihan di kompleks olahraga federasi Spanyol Las Rozas dekat Madrid yakni pemain Chelsea Cesc Fabregas, Pedro dan Cesar Azpilicueta, Aritz Aduriz dan Mikel San Jose asal Athletic Bilbao, David Silva dari Manchester City, pemain Villareal Bruno Soriano dan Nolito asal Celta Vigo.

Sepuluh pemain lainnya yang berlaga dalam final turnamen Cup akhir pekan lalu, termasuk juara Piala Raja Barcelona, diberikan waktu tambahan selama beberapa hari sebelum bergabung kembali dengan timnas langsung di Austria pada 28 Mei tempat timnas akan menjalani pelatihan mulai 26 Mei hingga 1 Juni, sesaat sebelum pengumuman skuat final 23 pemain untuk Euro 2016 pada 31 Mei.

Sejumlah pemain dari Atletico dan Real Madrid, yang berlaga dalam final Liga Champions di Milan pada Sabtu, akan bergabung dengan timnas pada 4 Juni, sembilan hari sebelum laga perdana Prancis kontra Republik Ceko di Toulouse pada 13 Juni, dan hanya akan tersisa satu laga persahabatan praturnamen melawan Georgia pada 7 Juni.

“Persiapan pada hari ini semata-mata menyangkut persiapan jelang turnamen itu,” kata gelandang Fabregas. “banyak rekan setim kami yang belum datang. Kami berharap mereka datang dalam kondisi sehat, prima dan siap menghadapi turnamen besar tersebut.”

To Top