👍 Berita Bola

Ravel Morrison, Bibit Terbaik Manchester United yang Bahkan Lebih Berbakat dari Pogba tapi Salah Jalan

Sir Alex Ferguson, Wayne Rooney, dan Rio Ferdinand mungkin tidak menduga bahwa salah satu pemain muda paling berbakat yang mereka lihat di akademi Manchester United ternyata gagal total di level senior. Pemain itu bernama Ravel Morisson, yang gagal berkembang karena minim bimbingan.

Mengutip Sky Sports, Morisson pernah disebut sebagai talenta paling baik pada generasinya. Bahkan, menurut Rio Ferdinand, Ferguson pernah menyebut Morisson sebagai “bocah terbaik yang akan Anda saksikan”.

Nahasnya, Morisson hanya tampil tiga kali bersama tim senior MU. Kariernya terus merosot, dia pun pernah membela sejumlah klub seperti Lazio, Ostersunds, dan QPR.

Rooney merupakan salah satu mantan pemain MU yang mengenal betul sosok Morisson. Apa katanya?


Kegagalan Morrison karena kesalahannya sendiri, tapi Rooney pun ikut menyesal. Dia tahu bakan Morisson luar biasa, bahkan lebih baik dari Paul Pogba pada era itu. Namun, Morrison tidak mendapatkan bimbingan yang tepat, kehidupannya di luar sepak bola terlalu liar.

“Saya ingat melihat Ravel Morisson muda dan langsung tahu bahwa dia punya segalanya untuk jadi pemain top di posisinya. Dia brilian. Dia percaya diri. Dia bahkan pernah mengolong Nemanja Vidic tiga kali beruntun dalam satu sesi latihan,” ungkap Rooney kepada Sky Sports.

“Namun, dia kesulitan karena gaya hidup dan lingkungannya. Itu menyedihkan, sebab saya sudah melihat perkembangan pemain seperti Paul Pogba, Jesse Lingard, dan rekan-rekannya, tapi Ravel seharusnya jauh lebih baik dari mereka semua.”

Kini, Rooney hanya bisa mengingatkan pemain-pemain muda MU lainnya. Bakat saja tidak cukup, jadi pesepak bola adalah soal fokus dan dedikasi. Pesepak bola profesional tahu menentukan prioritas.

“Dia adalah bukti bahwa Anda tidak bisa mengabaikan fakta bahwa ada pedoman yang harus dijalani setiap pesepak bola profesional. Sejumlah pemain nyaris melewati garis pedoman itu tapi untungnya masih bisa sukses,” imbuh Rooney.

“Sir Alex Ferguson dahulu pernah berkata, hal paling sulit dalam hidup adalah bekerja keras setiap hari. Lupakan semua kemampuan Anda, lepas segalanya.”

“Jika Anda bisa bekerja keras setiap hari, apa pun pekerjaan Anda, Anda akan jadi orang sukses,” tandasnya.

To Top