👍 Sepakbola Italia

Kiper Inter Milan Pecahkan Rekor Serie A Italia

Kapten Inter Milan, Samir Handanovic, berhasil menjadi kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak sepanjang sejarah Serie A. Rekor itu diciptakannya saat laga melawan AC Milan (17/10/20).

Inter harus kalah dari rival sekotanya, Milan, 2-1 berkat dua gol dari Zlatan Ibrahimovic. Gol pertama terjadi lewat penalti yang sebenarnya berhasil ditepis oleh Handanovic, namun bola liar berhasil kembali disambar oleh pemain asal Swedia itu.

Namun tetap, itu dihitung sebagai penyelamatan penalti. Karena itu, Handanovic sudah menyelamatkan total 25 penalti di Serie A. Kiper asal Slovenia itu berhasil melewati rekor sebelumnya, 24 penyelamatan penalti yang dipegang oleh mantan kiper Sampdoria dan Inter, Gianluca Pagliuca.

Handanovic juga memiliki rasio per pertandingan yang lebih bagus dari Pagliuca. Mantan kiper Udinese itu berhasil menyelamatkan 25 penalti dari 481 pertandingan sejak memulai debutnya di Serie A pada 2005. Sedangkan Pagliuca menyelamatkan 24 penalti dari 592 penampilan.

Samir Handanovic juga merupakan satu-satunya kiper non-Italia dalam daftar top 10 kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak, berikut daftarnya:


  1. Samir Handanovic (25 penalti)
  2. Gianluca Pagliuca (24 penalti)
  3. Andrea Consigli (19 penalti)
  4. Luca Marchegiani (17 penalti)
  5. Giuseppe Moro (16 penalti)
  6. Gianluigi Buffon (15 penalti)
  7. Francesco Antonioli (14 penalti)
  8. Stefano Sorentino (14 penalti)
  9. Emiliano Viviano (12 penalti)
  10. Luigi Turci (12 penalti)

To Top