Update

Kini Dunia Bersiap Sambut Kehebatan Mbappe – Haaland

Masa-masa keemasan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mulai memudar dan sekarang sudah ada Erling Braut Haaland dan Kylian Mbappe yang siap menggusur keduanya dari singgasana pemain terbaik di dunia.

Selama lebih dari satu dekade, dunia sepak bola dihibur oleh kehebatan Messi di Barcelona. Demikian juga dengan Cristiano Ronaldo di Manchester United, Real Madrid, dan kini Juventus.

Alien. Itulah julukan yang mereka dapatkan dari banyak pihak berkat insting mencetak golnya yang luar biasa.

Mereka seakan mencetak bisa mencetak gol dengan mudah sangat mudah. Semusim, mereka minimal mencetak 20 pulih gol. Dalam performa terbaiknya, mereka bisa mengemas lebih dari 40 gol.

Tak heran jika keduanya tak bisa disaingi dalam perburuan penghargaan Ballon d’Or. Ronaldo saat ini mengoleksi lima dan Messi enam Ballon d’Or. Jumlah itu jauh dari yang didapat pemain lain.


Sekarang ini, Cristiano Ronaldo sudah berusia 35 tahun. Lionel Messi berusia 33 tahun.

Mereka memang masih menunjukkan kelasnya. Namun tak bisa dipungkiri, usia mulai menggerogoti ketajaman keduanya.

Buktinya terpampang jelas di pentas Eropa. Musim 2019-20 lalu, Messi hanya mengemas tiga gol saja. Di musim ini, ia baru mencetak empat gol.

Sementara itu Ronaldo musim lalu hanya mencetak empat gol. Jumlah yang sama juga ia catatkan sejauh musim 2020-21 ini berjalan.

Jika ditotal, keduanya hanya mencetak 15 gol saja di Liga Champions. Jumlah yang receh bagi pemain sekelas Ronaldo dan Messi.

Di saat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mulai meredup, ada dua anak muda yang justru bersinar terang. Mereka ini sebelumnya digadang-gadang bakal jadi pemain terbaik di dunia, meneruskan singgasana Messi dan Ronaldo.

Yang satu adalah penyerang tengah super ganas, Erling Braut Haaland, yang menjadi andalan Borussia Dortmund. Satu lagi adalah jagoan lari dari PSG, Kylian Mbappe.

Sepak terjang mereka di Eropa sangat mengerikan. Musim lalu, keduanya total mengemas 15 gol. Mbappe lima dan Haaland 10 gol.

Musim ini, Mbappe sudah mengoleksi lima gol. Sedangkan Haaland sudah delapan gol. Sudah 13 gol mereka catatkan sejauh ini dan itu masih bisa bertambah.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tampaknya masih akan sanggup bertahan beberapa tahun lagi. Namun hampir bisa dipastikan, sinar mereka bakal kalah benderang dibandingkan Erling Braut Haaland dan Kylian Mbappe.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat ini masih menjadi rival. Mereka belum benar-benar tuntas bersaing satu sama lain.

Namun hadirnya Erling Braut Haaland dan kylian Mbappe ini tak cuma mulai mengikis dominasi Ronaldo dan Messi. Dua anak muda itu akan memunculkan rivalitas baru yang juga tak kalah serunya.

To Top