Euro 2020

Jadwal Bola & Profil Timnas Belgia di EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung EURO 2020 – Tim nasional (Timnas) Belgia akan menghadapi tantangan tak mudah di putaran final Euro 2020 nanti. Bergabung di Grup B bersama tuan rumah Denmark, Rusia, serta Finlandia, bakal memaksa Eden Hazard dan kawan-kawan bermain di dua stadion berbeda di putaran final Piala Eropa 2020 nanti.

Pasukan Roberto Martinez lolos ke Euro 2020 dengan sempurna. 10 kali bertanding di babak kualifikasi, 10 kali pula Belgia menang. Artinya, 30 poin bisa mereka dapatkan. Selain itu Belgia mendapatkan status mentereng lain, yakni menjadi tim tertajam di babak kualifikasi dengan koleksi 40 gol.

Namun, sama seperti negara peserta lain, tantangan baru akan tersaji di putaran final Euro 2020 nanti. Belgia memang menjadi favorit, namun diperkirakan akan menemui ganjalan berat, termasuk ketika bersua Finlandia, sang debutan Piala Eropa.

Laga perdana Belgia akan tersaji saat bertandang ke Rusia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, lawan yang dua kali mereka kalahkan di babak kualifikasi lalu. Saat itu Belgia menang 3-1 di pertemuan pertama di Brussels. Gol Youri Tielemans serta brace Eden Hazard yang membawa The Red Devils menang kala itu.

Saat giliran bertandang ke Rusia, Belgia menang telak 1-4. Eden Hazard kembali mencetak dua gol sedangkan sisanya dibagi oleh Thorgan Hazard dan Romelu Lukaku. Menariknya, saat itu laga juga digelar di Stadion Krevtovsky, tempat dilangsungkannya pertemuan keduanya di Euro 2020 nanti.


Tantangan berikutnya bagi Belgia adalah kala bertamu ke Denmark di Copenhagen, tepatnya di Stadion Parken. Setelahnya, laga kontra Finlandia kembali dimainkan di Saint Petersburg. Artinya, kondisi fisik akibat perjalanan jauh harus diperhatikan juga oleh Martinez di tengah padatnya jadwal.

Tekanan bagi Belgia akan semakin besar menyusul kesuksesan di Euro 2016. Saat itu mereka datang sebagai salah satu kuda hitam dan berakhir di perempat final karena dihentikan oleh Wales.

Dalam sejarahnya, Belgia baru sekali mendapatkan prestasi di ajang internasional. Itu pun sudah terjadi pada tahun 1920 ketika mereka meraih medali emas Olimpiade. Saat itu Belgia mendapatkan keuntungan karena bermain di kandang sendiri.

Di Piala Eropa, langkah paling jauh Belgia terjadi di tahun 1980 saat menjadi runner-up setelah dikalahkan Italia di final. Catatan terbaik lain adalah saat menjadi juara ketiga di Euro 1972 dan menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2018 lalu.

Martinez berharap para pemain andalannya tidak mengalami cedera sampai putaran final nanti. Pasalnya, jajaran pilar macam Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, atau Axel Witsel masih punya jadwal padat bersama klub masing-masing sampai akhir musim nanti.

Jadwal Timnas Belgia di Euro 2020

14 Juni: Belgia vs Rusia
19 Juni: Denmark vs Belgia
23 Juni: Finlandia vs Belgia

To Top