👍 Sepakbola Spanyol

Inilah Bukti Neymar Meniru Gaya Sepakbola Lionel Messi

indolivescore.com  – Setelah satu gol, satu assist dan banyak momen cemerlang melawan The Gunners, Michael Cox menjelaskan bagaimana lintasan karir pemain Brasil sejauh ini telah mengikuti jalan yang mirip dengan rekan setimnya asal Argentina…

Dalam sepakbola, pada dasarnya hanya ada tiga kemungkinan ketika bola datang kepada Anda: menggiringnya, mengumpannya atau melepaskan tembakan. Mempertahankan bola, memberi umpan kepada rekan setim, atau mencoba mencetak gol. Ada sejuta kemungkinan bagaimana Anda melakukan tiga hal ini dengan tepat, tentu saja, tapi pada dasarnya itu sebuah pilihan sederhana.

Namun, ada sedikit pemain yang secara mutlak bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan kelas dunia dalam ketiga aspek tersebut. Bahkan beberapa pemain terhebat hanya unggul di dua aspek: Cristiano Ronaldo telah menjadi pemain yang menggiring bola dengan menawan dan seorang finisher mematikan, tapi bukan seorang pengumpan yang penetratif. Mesut Ozil bisa menggiring bola dan mengumpan dalam level terbaik, tapi tidak meyakinkan di depan gawang. Thomas Muller ahli dalam mengumpan dan menembak, tapi dia tidak mungkin mengalahkan tiga pemain lawan dengan menggiring bola secara meliuk-liuk.

Neymar stays cool to score against Arsenal

Tapi, Barcelona sekarang dapat mengandalkan dua pemain yang unggul dalam ketiga aspek tersebut. Yang pertama adalah Leo Messi, yang sudah begitu luar biasa di ketiga aspek itu selama setengah dekade terakhir. Tapi sekarang ada lagi: Neymar. Memang belum mencapai level Messi, tapi dia tetap berbahaya dalam tiga aspek tersebut.


Pendribel, pencetak gol, pengumpan

Messi adalah ahli menggiring bola di usia 18 tahun, seorang pencetak gol handal di usia 22 tahun dan pengumpan istimewa di usia 24 tahun

Messi berkembang secara bertahap. Dia awalnya sangat berbahaya karena dia adalah pemain yang menggiring bola dengan menawan dari kanan, kualitas yang menarik perhatian kita ketika ia mulai muncul pada tahun 2005. Tentu saja, ia belum sepenuhnya terbentuk pada tahap itu, dan baru menjadi pencetak gol yang benar-benar produktif untuk Barca di bawah Pep Guardiola pada 2008/09, ketika ia mencetak 38 gol, mematahkan pencapaian terbaiknya sebelumnya yang hanya 17 gol. Dia tidak pernah mencetak kurang dari 40 gol sejak saat itu.

Tapi permainan Messi berkembang lebih jauh pada 2010/11, ketika ia beroperasi secara reguler sebagai false nine (striker palsu), nyaris di puncak formasi berlian. Kemudian, dengan pergerakan konstan David Villa dan Pedro di depannya, umpan-umpan terobosannya menjadi semakin berbahaya. Ia berhasil mencetak 18 assist liga, sebuah peningkatan signifikan dari 10 dan 11 assist yang ia cetak di musim sebelumnya.

Messi adalah ahli menggiring bola di usia 18 tahun, seorang pencetak gol handal di usia 22 tahun dan pengumpan istimewa di usia 24 tahun. Neymar, dengan mengesankan, sedang berupaya menyamai rekornya selangkah demi selangkah.

 

Alur karier yang mirip

Dalam musim pertamanya di Barcelona di 2013/14, Neymar menunjukkan diri sebagai pemain menjanjikan dan berbakat ketimbang pemain yang sudah jadi

Cukup mirip, Neymar pertama kali menarik perhatian bersama Santos dengan kemampuan menggiring bola. Di negara yang terkenal karena sepak bola indah, namun juga tertarik pada bek-bek yang bisa mengimbangi penyerang yang handal, kemampuan Neymar untuk mengalahkan lawan membuatnya menjadi penyerang ayap yang sempurna, biasanya ia mulai dari sisi kiri dan memotong ke dalam. Eksperimen untuk memainkannya sebagai penyerang tengah atau pemain no.10 berjalan tidak mulus di awal karirnya: Neymar memerlukan ruang terbuka lebar untuk menunjukkan kualitasnya.

Dalam musim pertamanya di Barcelona di 2013/14, Neymar menunjukkan diri sebagai pemain menjanjikan dan berbakat ketimbang pemain yang sudah jadi. Sembilan gol dan delapan assist adalah catatan yang bagus, namun belum masuk kategori kelas dunia, terutama mengingat bahwa peluang relatif mudah didapatkan di Barcelona.

 

Musim lalu, ada peningkatan dramatis dalam aspek gol-nya di La Liga: setelah mencetak sembilan gol di musim sebelumnya, Neymar mencetak 22 gol di 2014/15. Namun, catatan assistnya agak menurun, dari delapan assist di musim sebelumnya menjadi tujuh assist. Sementara itu di Liga Champions, ia mencetak 10 gol – yang membuatnya menjadi top skor bersama Ronaldo dan Messi – tapi tidak mencetak satu pun assist.

Distribusi yang meningkat

Yang mungkin paling menonjol adalah dia sekarang mencatatkan 1,8 umpan panjang akurat per laga, dibandingkan dengan 1,3 musim lalu dan 0,4 di musim pertamanya – menandakan kemampuan umpannya lebih luas sekarang

Musim ini, Neymar telah menjadi pengumpan yang lebih baik. Sementara ia sedang dalam jalur untuk mematahkan jumlah golnya di musim lalu, dia sudah melampaui catatan assistnya di musim lalu, di mana ia sudah membukukan 10 assist di La Liga musim ini.

Yang lebih menarik, statistik-nya dalam aspek mengumpan juga mengalami kemajuan yang luar biasa. Di liga dia menciptakan 3,2 peluang per game, yang lebih baik dibandingkan dengan 1,8 peluang per laga musim lalu dan 2,2 peluang per laga di 2013/14. Yang mungkin paling menonjol adalah dia sekarang mencatatkan 1,8 umpan panjang akurat per laga, dibandingkan dengan 1,3 musim lalu dan 0,4 di musim pertamanya – menandakan kemampuan umpannya lebih luas sekarang.

Neymar membuka skor melawan Arsenal pada Rabu 16 Maret lalu, tapi yang lebih mengesankan adalah distribusi bolanya. Secara keseluruhan, dia mendapatkan bola dari Jordi Alba di posisi kiri-dalam dan kemudian mengirim bola ke kaki Messi. Dia mengumpan ke pemain Argentina itu sebanyak 21 kali: hebatnya, itu dua kali lebih banyak ketimbang rekan setimnya yang lain.

attachment-1_39_4
Aspek yang paling mengesankan dalam umpan Neymar adalah ketepatan yang ia ciptakan dalam ruang sempit di kotak penalti. Ia hanya kecolongan bola tujuh kali meskipun secara keseluruhan ia cukup ambisius untuk melepaskan umpan, dibuktikan oleh fakta ia menciptakan banyak peluang daripada pemain lain di lapangan. Caranya mengirim umpan ke kaki rekan setimnya sepertinya mengejutkan para pemain lawan.
attachment-1_40_2

Sementara itu, ia menggiring bola sambil melewati lebih banyak pemain lawan dari pemain Barca lainnya, dan ketiga tembakannya tepat ke arah gawang, termasuk gol pembuka.
attachment-1_41_3

Sepertinya Neymar telah meniru pengembangan Messi dengan amat mirip: pemain yang hebat dalam menggiring bola di usia 18 tahun, pencetak gol produktif dari paruh pertama musim lalu, ketika dia berusia 22 tahun, dan sekarang merupakan pengumpan kelas atas yang berusia 24 tahun bulan lalu. Sekarang, Barcelona memiliki dua penyerang terbaik di dunia.

 

To Top