👍 Sepakbola Inggris

Ini Alasan Jurgen Klopp Rekrut Takumi Minamino ke Liverpool

Jakarta – Liverpool mengumumkan telah merekrut gelandang serang asal Jepang, Takumi Minamino dari klub Austria, Red Bull Salzburg pada Kamis, 19 Desember 2019. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasannya tertarik kepada Minamino.

Berbicara setelah transfer Minamino rampung, Klopp mengungkapkan bahwa kemampuannya yang mengesankan dalam kompetisi elite Eropa menjadi pertimbangan untuk merekrutnya.

“Takumi adalah pemain yang sangat cepat, sangat pintar, ia bisa menemukan ruang di wilayah lawan,” kata pelatih asal Jerman ini seperti dilansir Sky Sports pada Kamis, 19 Desember 2019.

“Ia berani dengan bola tetapi juga berani tanpa bola – pemain tim yang bagus. Ia tampil baik untuk kepentingan pemain lain,” tutur Klopp.

“Pengalaman Liga Champions-nya adalah bonus besar dan berasal dari klub dan organisasi, yang kita tahu ia dilatih dengan baik, terbiasa dengan lingkungan elite dan memiliki semua pengalaman yang tepat,” dia menambahkan.


Klopp mengatakan Liverpool membutuhkan pemain seperti Minamino. Pemain berusia 24 tahun itu sebelumnya bermain untuk klub Jepang, Cerezo Osaka selama lima tahun sebelum diboyong ke Salzburg dengan harga tebusan kurang dari 1 juta poundsterling pada Januari 2015.

Pemain timnas Jepang tersebut resmi bergabung dengan Liverpool setelah mereka menebus klausul rilisnya yang mencapai 7,25 juta poundsterling (sekitar Rp133 miliar) dari Salzburg.

Gelandang serang memang dilabeli harga cukup murah, tetapi ia dianggap punya pengalaman baik di kompetisi Eropa. Sejak melakukan debutnya, ia sudah hampir mencatatkan 200 kali penampilan untuk klub di semua kompetisi dan mencetak 63 gol untuk Salzburg.

“Ini adalah pekerjaan yang fantastis oleh tim operasi sepak bola kami tentang cara mereka menangani transfer ini. Michael Edwards dan timnya pantas mendapatkan banyak pujian,” kata Klopp.

“Saya yakin semua pendukung Liverpool akan berusaha keras untuk membuat Takumi betah di kota dan klub kami yang menakjubkan,” ucapnya.

“Saya juga cukup yakin sampai sekarang kami telah menambah jumlah keluarga LFC kami khususnya di Jepang,” kata Klopp. “Bagi mereka yang mendukung kami sekarang karena kami memiliki salah satu talenta paling menarik di negara ini, saya ucapkan selamat datang.”

Profil Takumi Minamino

Takumi Minamino lahir di Izumisano, di pinggir pantai Honshu, 24 tahun silam.

Klub pertamanya adalah Cerezo Osaka di Liga Jepang dengan ia melakoni debutnya pada usia 17 tahun.

Minamino menjadi Rookie of the Year J-League pada 2013 dan sempat bermain bersama mantan pemain Manchester United, Diego Forlan.

Ia didatangkan Red Bull Salzburg empat tahun lalu dengan harga senilai 800 ribu euro setelah mencatatkan 17 gol dan 9 assist  dari 85 penampilan bagi Cerezo Osaka.

Kendati sempat merasa kepindahan ke Jerman pada usia 19 tahun cukup menyulitkan karena kangen rumahnya, Minanimo menjelma menjadi salah satu pemain paling penting bagi kubu Austria tersebut.

Pada musim ini saja, ia telah mencatatkan 9 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Selama 199 pertandingan memperkuat Salzburg, Minamino mencatatkan torehan impresif 64 gol dan 44 assist.

Kendati tercatat sebagai playmaker, ia lebih banyak beroperasi dari sektor kanan lapangan.

Menurut Transfermarkt, ia telah bermain 14 kali musim ini baik sebagai gelandang kanan atau penyerang sayap kanan.

Torehannya dari posisi tersebut adalah 6 gol dan 9 assist.

Sedangkan, ia hanya bermain dua kali sebagai gelandang serang dan mencatatkan satu gol.

Salah satu penampilan paling trengginas Minanimo datang saat melawan Liverpool di Liga Champions.

Ia menjadi motor yang hampir membawa The Reds menang di Anfield pada Oktober lalu.

Tampil di Stadion Anfield pada ajang Liga Champions tampak memberi impresi besar kepada Minamino.

To Top