Euro 2020

Euro 2020: Jadwal, Sejarah, Prestasi Timnas Perancis

Berita Bola EURO 2020 – Gelaran Euro 2020 akan dimulai 12 Juni hingga 12 Juli 2020 mendatang. Runner up edisi sebelumnya, tim nasional (timnas) Perancis, kembali menjadi unggulan setelah meraih gelar Piala Dunia 2018.

Saat menjadi tuan rumah pada 2016 silam, Les Bleus sebenarnya berhasil melaju ke babak final. Akan tetapi, anak asuh Didier Deschamps harus tertunduk di depan para suporternya oleh Portugal.

Laga itu merupakan satu-satunya final Euro yang gagal dimenangkan oleh Perancis. Sebelumnya, Les Bleus sempat melangkah ke partai final apda edisi 1984 dan 2000. Kedua final tersebut berhasil mereka menangkan.

Tercatat, Perancis merupakan tim tersukses ketiga di kompetisi terakbar antar negara di Eropa ini. Hanya Jerman dan Spanyol yang memiliki trofi lebih banyak. Keduanya sudah menang 3 kali.

Dalam edisi kali ini, pasukan Didier Deschamps tergabung di Grup F yang notabene grup neraka lantaran dihuni oleh Jerman serta juara bertahan Portugal. Sementara satu tempat sisanya masih akan diperebutkan oleh dua tim dari jalur play-off.


“Ini merupakan grup sulit, tapi saya pikir Joachim Low [pelatih Jerman] dan pelatih Portugal [Fernando Santos] berpikir hal yang sama. Ini grup tersulit, tapi kami harus menerimanya,” ucap Deschamps usai undian babak grup awal Desember tahun lalu.

“Kami harus siap sejak awal kompetisi karena kami harus menjalani laga pertama di Munich melawan Jerman. Ini bisa jadi lebih baik, tapi apa yang bisa kami lakukan? Kami masih menunggul lawan ketiga kami. Tapi kami sudah mengetahui kualitas dua lawan lainnya. Kami harus bersiap-siap,” imbuh eks kapten Les Bleus di Piala Dunia 1998 itu.

Duel Perancis vs Jerman sendiri bakal berlangsung pada 16 Juni mendatang di Allianz Arena. Empat hari kemudian, Olivier Giroud dan kawan-kawan bakal melawan pemenang play-off jalur A atau D di Hungaria. Pamungkas, partai ulangan final 2016 bakal tersaji di Puskas Arena pada 24 Juni.

Sebelum melakoni tiga laga di babak grup, Les Bleus masih harus menjalani tiga pertandingan persahabatan. Dua laga di bulan Maret melawan Ukraina dan Finlandia. Terakhir Perancis akan kembali melakukan laga ulangan final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia 8 hari sebelum melawan Jerman.

Jadwal Tim Nasional Perancis di Euro 2020

16 Juni 2020

Perancis vs Jerman (Allianz Arena, Munich)

20 Juni 2020

Pemenangan play-off alur A atau D vs Perancis (Puskas Arena, Budapest)

24 Juni 2020

Portugal vs Perancis (Puskas Arena, Budapest)

Prestasi Perancis di Euro

Juara (1984,2000)

Runner-up (2016)

Peringkat 3 (1996)

To Top