👍 Berita Bola

Eks Kiper Liverpool: Alisson Becker Lebih Baik dari Manuel Neuer

Eks kiper Liverpool Daniel James mengatakan Saat ini Manuel Neuer bisa disebut sebagai kiper terbaik di dunia akan tetapi ia yakin Alisson Becker lebih baik darinya dan akan bisa kembali merebut status tersebut.

Alisson tampil sangat apik pada Liverpool sejak dibeli dari AS Roma pada tahun 2018 lalu. Ia mampu menuntaskan masalah yang sudah terjadi di sektor kiper di klub tersebut sejak lama.

Alisson sangat handal di bawah mistar gawang. Bahkan ia juga memiliki kelebihan lain yakni piawai mengumpan dan sesekali membuat assist.

Kiper asal Brasil itu pun sempat terpilih menjadi kiper terbaik di Inggris pada musim 2018-19. Ia juga meraih penghargaan yang sama di pentas UEFA pada musim yang sama dan pada akhirnya diberi penghargaan Kiper Terbaik FIFA 2019.


David James mengakui bahwa Alisson Becker memang salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Kemampuannya sudah tak terbantahkan lagi. Bahkan meski performanya sempat menurun beberapa waktu lalu.

“Musim sebelumnya, Alisson Becker adalah penjaga gawang terbaik yang saya lihat di mana pun – saya harus mengatakan Eropa, karena saya tidak tahu apa yang terjadi di semua liga di seluruh dunia,” ujarnya pada Liverpool Echo.

“Saya bisa dengan mudah mengatakan yang terbaik di dunia dan Alisson adalah yang terbaik. Tapi musim lalu ada banyak masalah cedera,” tegasnya.

“Ketika Alisson masuk, clean sheet demi clean sheet didaat dan ia membuktikan nilainya. Setelah Covid-19, ia tidak dalam kondisi terbaiknya tetapi yang perlu dilakukan Liverpool hanyalah memenangkan liga dan mereka melakukannya,” ucapnya.

Akan tetapi David James mengatakan bahwa untuk saat ini Alisson Becker tak bisa disebut sebagai kiper nomor satu di dunia. Ia mengatakan gelar itu layak diberikan kepada kiper Jerman yang bermain di Bayern Munchen, Manuel Neuer.

Neuer memang tampil apik pada musim 2019-20 kemarin. Ia tak cuma sukses membawa Bayern juara Bundesliga, tapi juga membantu timnya menjadi juara Liga Champions, plus UEFA Super Cup.

“Manuel Neuer di sisi lain tampil tanpa cacat. Di final Liga Champions, ada dua penyelamatan yang ia lakukan yang menjaga clean sheet,” serunya.

“[Di Piala Super UEFA melawan Sevilla] penyelamatan melawan [Samir] Nasri adalah yang terbaik dan ia saat ini, seperti yang kita bicarakan, penjaga gawang dengan performa terbaik di dunia,” pujinya.

David James mengakui bahwa Manuel Neuer memang yang terbaik untuk saat ini. Akan tetapi ia yakin secara keseluruhan, Alisson Becker lebih baik dari Neuer.

Ia yakin Alisson akan bangkit dan kemudian merebut kembali status sebagai kiper terbaik di dunia.

“Saya pikir Alisson lebih baik daripada Neuer dalam jangka waktu yang lebih lama dan ia akan sekali lagi menjadi yang terbaik. Saya menyukai segala sesuatu tentang dirinya dan ia tampaknya tidak bisa diganggu.”

Alisson Becker sejauh ini telah bermain sebanyak 92 kali bagi Liverpool. Ia mencatatkan 45 clean sheet. Sementara itu David James dahulu sempat tampil 277 kali bagi The Reds dan meraih 104 clean sheet

To Top