👍 Liga Indonesia

Demi Bentuk Skuad yang Kuat, Timnas Indonesia Diisi Pemain Keturunan

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyatakan adanya peluang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 diperkuat oleh pemain naturalisasi. Tetapi, ia tak bisa memastikan siapa sosok pemain tersebut.

PSSI kini memang terus mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 yang akan ikut mentas di Piala Dunia U-20 2021. Demi membentuk skuad yang kuat, PSSI pun turut melirik pemain-pemain keturunan.

Ada total 30 nama pemain keturunan atau naturalisasi yang telah diamati secara mendalam datanya oleh PSSI dan juga pelatih, Shin Tae-yong. Dari 30 nama itu, tujuh pemain kabarnya sudah lolos verifikasi karena dinilai cocok dengan kriteria yang dibutuhkan Shin Tae-yong.

Dari tujuh nama itu, dua di antaranya sudah bergabung ke Timnas Indonesia U-19. Mereka ialah kakak-beradik yang berdarah Indonesia-Jerman, yakni Luah Mahesa dan Kelana Mahesa.

Sementara itu, lima nama lainnya yang punya kans dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-19 belum juga diumumkan. Terkait kondisi ini, kemungkinan mereka akan dipanggil saat Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) berikutya.


Ketum PSSI pun menyatakan adanya peluang Timnas Indonesia U-19 akan diperkuat pemain naturalisasi. Tetapi, terkait hal tersebut, ia menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pelatih, Shin Tae-yong.

“Kemungkinan itu ada, tapi saya tidak ikut campur. Itu semua saya serahkan ke coach Shin Tae-yong dan Indra Sjafri,” ujar Mochamad Iriawan dalam konferensi pers yang digelar Selasa 27 Oktober 2020.

“Naturalisasi bisa saja jika diminta pelatih. Sekali lagi saya sampaikan, saya tak bisa intervensi pemain,” lanjutnya.

To Top