👍 Liga Indonesia

Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Son Heung-min Indonesia

Popularitas Asnawi Mangkualam meningkat drastis setelah bergabung dengan klub Korea Selatan, Ansan Greeners. Bahkan, bek berusia 21 tahun itu diibaratkan sebagai ‘Son Heung-min Indonesia’.

“Ketertarikan penggemar kepada Asnawi Mangkualam sangat luar biasa. Dia seperti Son Heung-min asal Indonesia,” kata pelatih Ansan Greeners, Kim Gil-sik dinukil dari media Korea Selatan, MBC Sports Plus.

Selain itu, Kim Gil-sik berani menyamakan Asnawi Mangkualam dengan Son Heung-min karena tipikal permainan. Keduanya dikenal sebagai pekerja keras di atas lapangan.

“Kecepatan dan agresif adalah kekuatannya. Secara khusus, dia sangat terobsesi dengan bola. Jika dicuri, ia akan mengikuti pemain dan mengambilnya,” kata Kim Gil-sik.

“Asnawi Mangkualam adalah pemain yang sangat populer tidak hanya di Indonesia, namun juga di Korea Selatan. Saya akan coba  membantunya berkembang tanpa membebaninya,” jelas Kim Gil-sik.


Asnawi Mangkualam berpeluang kembali bermain untuk Ansan Greeners pada 11 April 2021. Aksinya kemungkinan besar akan dipantau oleh manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong berencana menyaksikan penampilan Asnawi Mangkualam ketika Ansan Greeners berhadapan dengan Jeonnam Dragons pada pekan keenam K League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan di Ansan Wa Stadium.

“Shin Tae-yong akan menonton pekan keenam K League 2 ketika Ansan Greeners melawan Jeonnam Dragons pada 11 April 2021,” kata seorang manajemen Ansan Greeners.

Manajemen Ansan Greeners itu mengatakan kondisi Shin Tae-yong berangsur membaik setelah negatif COVID-19. Pria berusia 51 tahun itu memutuskan untuk pulang ke Korea Selatan pada 26 Maret 2021 demi melanjutkan pengobatan.

Shin Tae-yong dikabarkan memiliki penyakit kronis yaitu diabetes.

“Jadwal pertama Shin Tae-yong setelah menuntaskan isolasi mandiri di Korea Selata adalah melakukan kunjungan ke Stadion Ansan Greeners,” imbuh Manajemen Ansan Greeners.

“Saya dihubungi oleh Shin Tae-yong pada 6 April 2021. Dia juga berbicara dengan Asnawi Mangkialam. Dia menyampaikan terima kasih kepada sang pemain dan berjanji akan menonton aksinya melawan Jeonnam Dragons,” jelas Manajemen Ansan Greeners tersebut.

Asnawi Mangkualam semakin konsisten di Ansan Greeners. Bek berusia 21 tahun itu selalu menjadi starter pada dua pertandingan terakhir timnya.

Asnawi Mangkualam bermain 90 menit ketika Ansan Greeners menang 1-0 atas Yangpyeong FC pada babak kedua Piala FA Korea Selatan, 28 Maret 2021.

Pemain yang direkomendasikan oleh Shin Tae-yong itu kembali beraksi sejak menit awal ketika Ansan Greeners menahan Busan IPark 1-1 pada pekan kelima K League 2, 3 April 2021. Namun, Asnawi Mangkualam ditarik keluar pada paruh kedua.

To Top
taruhan bola online