Update

UEFA Dukung Penuh Pencalonan Gianni Infantino

indolivescore.com –

Komisi eksekutif UEFA mendukung penuh pencalonan Gianni Infantino sebagai presiden FIFA dalam pemilihan yang akan diselenggarakan bulan depan.

Keputusan itu dibuat bersamaan dengan keputusan UEFA menggunakan goal line technology(GLT) pada Euro 2016 Prancis.

Infantino mencalonkan diri dengan mengklaim dukungan dari mayoritas 54 anggota UEFA. Sekjen UEFA itu akan bersaing dengan empat kandidat lain untuk memperebutkan 209 suara. Saat ini, presiden AFC asal Bahrain, Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa, diyakini menjadi kandidat paling diunggulkan.

Awal pekan ini, Infantino telah mengumumkan manifesto pencalonannya. Pria asal Swiss itu memberi tiga gagasan utama dalam manifestonya, yaitu reformasi dan tata kelola yang baik, demokrasi dan partisipasi, serta pengembangan sepakbola.


“FIFA dan sepakbola punya pertaruhan besar dalam pemilihan ini. Sepakbola sangat berarti bagi banyak orang di dunia dan memberikan perbedaan bagi banyak sendi kehidupan. Kini waktunya bagi mereka yang mencintai sepakbola untuk maju ke depan dan membuat keputusan yang memajukan FIFA,” tukas Infantino.

Butir-butir manifesto Infantino antara lain membentuk dewan FIFA dengan pembagian tugas dan fungsi, menetapkan maksimal periode kerja 12 tahun untuk presiden dan Dewan FIFA, menawarkan pengembangan Piala Dunia menjadi diikuti 40 tim peserta, meningkatkan intensitas mempromosikan sepakbola wanita, menyegarkan sistem peringkat FIFA, dan mendistribusikan setidaknya 50 persen pendapatan FIFA untuk proyek pengembangan sepakbola asosiasi anggota.

Selain itu, komisi eksekutif UEFA juga menyatakan takkan menggelar pemilihan presiden baru menyusul sanksi yang didapat Michel Platini. UEFA akan menantikan keputusan banding Platini di CAS serta tetap memberikan dukungan kepada sang presiden.

“Kami berharap namanya dibersihkan dan dia dapat kembali bersama keluarga sepakbola Eropa sesegera mungkin,” bunyi pernyataan tertulis komisi eksekutif UEFA.

To Top