👍 Liga Champion

UEFA Akan Menaikkan Hadiah Liga Champion 2016

www.indolivescore.com – Seperti dilansir Daily Mail, musim depan para raksasa Eropa dipastikan bakal lebih bernafsu berlaga di Liga Champions, karena UEFA meningkatkan hadiah bagi partisipannya nyaris dua kali lipat!

Jika di musim ini pendapatan maksimal sebuah klub di Liga Champions (juara) berada di kisaran €37,4 juta, maka musim depan jumlah itu akan membengkak menjadi €54,5 juta. Angka tersebut belum termasuk market pool yang bergantung pada kebijakan liga asal klub.

Peningkatan yang paling terasa terjadi di babak fase grup yang kini berjumlah €8,6 menjadi €12 juta, dan babak final yang kini €10,5 juta menjadi €15 juta.

Bagi finalis Liga Champions musim ini, total pendapatan maksimal yang bisa didapatkanJuventus adalah €62 juta, sementara Barcelona lebih sedikit dengan €57,9 juta. Perbedaan itu terjadi karena market pool liga tempat klub berasal.

Lantas, sejatinya apa yang dimaksud dengan market poolMarket pool adalah adalah alokasi dana dari UEFA yang dibagikan kepada semua partisipan Liga Champions.


Perbedaan jatah pembagian ditentukan beberapa faktor, seperti nilai kontrak televisi liga domestik tim bersangkutan dalam pemasaran hak siar televisi dan hak komersial Liga Champions, posisi tim di klasemen liga domestik pada musim sebelumnya, sejauh mana laju mereka di Liga Champions edisi terkini, hingga animo pemirsa televisi. Karenanya, adalah lazim bila klub anggota liga utama Eropa bisa memperoleh jatah lebih besar ketimbang utusan liga minor.

Paparan tersebut sekaligus menjelaskan, mengapa Juve tetap akan jadi peraup uang terbanyak di Liga Champions 2014/15 sekalipun jadi runner-up, dengan jumlah €58 juta. Faktor yang disebut pertama jadi alasannya, karena Si Nyonya Tua mengambil jatah uang wakil Serie A Italia lainnya, Napoli dan AS Roma, yang tersisih dini di babak play-off dan fase grup.

Sementara situasi Barca tidak seberuntung Juve. Kolega mereka, Atletico Madrid dan Real Madrid, sukses menembus babak perempat-final dan semi-final. Hanya Atheltic Bilbao saja yang terhenti di fase grup, tapi jatah Bilbao masih harus dibagi tiga klub yang masuk fase gugur. Praktis, keuntungan lebih Blaugrana hanya didapat di partai final.

Di sisi lain, jika situasi Juve itu dialami oleh wakil dari Liga Primer Inggris, maka klub tersebut akan meraup untung lebih dari €100 juta!

To Top