👍 Berita Bola

TVRI Kecam PSSI Karena Pembatalan Program “Calon Ketum PSSI Bicara Bola”

PSSI melalui dua surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen), Ratu Tisha Destria, bersurat kepada TVRI untuk meminta program “Calon Ketua Umum PSSI Bicara Bola” persembahan Yayasan Vamos Indonesia Perkasa yang berlangsung di TVRI pada Rabu (16/10/2019) pukul 21.30-23.00 WIB dibatalkan.

PSSI dua kali mengirim surat tertanggal 16 Oktober 2019, dengan surat pertama yang berisi keberataan terhadap program “Calon Ketua Umum PSSI Bicara Bola” di TVRI.

“Keberatan yang dilayangkan ini dikarenakan program tersebut diadakan tanpa perizinan PSSI dan Komite Pemilihan (KP) PSSI. Untuk dapat diketahui bahwa setiap hal yang berhubungan dengan PSSI termasuk di dalamnya timeline Kongres PSSI merupakan properti dari PSSI dan dilindungi secara hukum,” tulis surat pertama PSSI.

“Oleh karenanya, PSSI meminta manajemen TVRI memberikan klarifikasi dan jawaban sebelum dimulainya acara ini hingga pukul 20.00 WIB,” lanjut surat tersebut.


Surat kedua berisikan permintaan pembatalan terhadap program “Calon Ketua Umum PSSI Bicara Bola” dari PSSI.

“PSSI memberikan teguran terhadap penggunaan properti PSSI tanpa adanya izin dari PSSI dan meminta pihak TVRI untuk tidak melanjutkan serta membatalkan penayangan acara tersebut,” demikian isi surat kedua PSSI terhadap TVRI.

Direktur Program dan Berita TVRI, Apni Jaya putra, mengutuk keras reaksi PSSI yang menurutnya berlebihan. Ia dan pihaknya merasa diintervensi.

“Soal program ini, bukan domain PSSI. TVRI itu lembaga negara independen. TVRI memiliki kebebasan dalam konteks independensinya menyiarkan atau tidak menyiarkan sesuatu, tidak boleh dikontrol oleh seseorang. Kenapa PSSI memberikan surat teguran? Itu kan domainnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI),” ujar Apni.

“Kalau mengajukan keberatan bisa ke dewan pers. Kenapa membuat surat teguran secara langsung untuk membatalkan acara? Memang PSSI punya domain itu? Kan tidak benar itu. Saya sudah jawab suratnya ke PSSI. Saya harap PSSI tidak menggunakan frasa teguran dan pembatalan karena itu bukan domain PSSI untuk melakukannya. TVRI adalah lembaga penyiaran publik bersifat independen. Tanpa intervensi siapapun. Kami harap PSSI dapat mengerti status kami,” imbuhnya.

Padahal, sejumlah Bakal Calon Ketua Umum PSSI telah menghadiri program “Calon Ketua Umum PSSI Bicara Bola”, di antaranya adalah Rahim Soekasah, Fary Djemi Francis, Vijaya Fitriyasa, dan Afen Hinelo.

To Top