👍 Sepakbola Spanyol

Susah Menang, Ada Apa Dengan Barcelona?

Barcelona gagal meraih poin penuh saat bertandang ke Estadio Municipal de Anoeta menghadapi Real Sociedad dalam lanjutan La Liga, akhir pekan lalu.

Lionel Messi Cs hanya bermain imbang 1-1. Sempat tertinggal lebih dulu di menit 53 lewat gol Willian Jose, Barca menyamakan kedudukan di menit 59 melalui gol Messi.

Seperti dilansir Marca, hasil buruk ini membuat Barca masih belum bisa lepas dari mimpi buruk di Anoeta. Nyaris 10 tahun Barcelona tidak bisa menang di stadion ini.

Barcelona terakhir kali menang (2-0) di sana pada Mei 2007. Sejak saat itu, hasil terbaik Barcelona di sana hanya imbang. Sisanya lebih sering kalah (3 imbang, 5 kalah).

Selain itu, hasil imbang ini juga membuat Barcelona semakin tertinggal dari Real Madrid yang kokoh di puncak klasemen sementara La Liga.


Cristiano Ronaldo Cs saat ini berada di puncak klasemen dengan 33 poin dari 13 laga. Terpaut enam poin dari Barcelona (27 poin) yang berada di posisi dua.

Ada fakta mengejutkan lainnya terkait laga ini. Lionel Messi dan kawan-kawan gagal menembus kotak penalti tuan rumah hingga laga memasuki menit 41.

Di laga ini, Barca memang tampil tidak seperti biasa. Dari data yang dilansir Soccerway, Barca kalah penguasaan bola (42 persen) dan hanya melepas satu tembakan akurat.

Tak heran jika laman olahraga yang berbasis di Catalunya, Sport memberi nilai 5,3 buat Barca di laga ini. Lima pemain bahkan mendapat nilai 4 (Sergio Busquets, Sergi Roberto, Jordi Alba, Andre Gomez dan Ivan Rakitic).

Enrique Meradang

Usai pluit panjang dibunyikan, Enrique tidak bisa menutupi kemarahannya atas performa buruk para pemainnya. Dia menyebut ini performa Barca terburuk selama dia melatih.

Enrique pun menyoroti performa skuadnya di babak pertama yang dinilai sangat buruk. Bahkan dia menyatakan, tidak kebobolan di babak pertama menjadi sebuah keajaiban.

“Mereka (Sociedad) memenangi seluruh duel perebutan bola. Bisa dikatakan, tidak ada gol tercipta di babak pertama menjadi sebuah keajaiban,” kata Enrique dilansir Sport.es.

“Di babak kedua, ada perbaikan. Tapi itu belum cukup. Kami bisa keluar dari kawalan rapat antara Messi dan Neymar. Tapi itupun belum cukup,” lanjut Enrique.

Kritikan keras Enrique diamini oleh Gerard Pique yang tampil penuh selama 90 menit di laga ini. Dia pun meminta rekan-rekan setimnya bereaksi atas penampilan buruk ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika Barcelona terus bermain seperti menghadapi tim berjuluk La Real tersebut, maka mereka tidak akan mampu mempertahankan gelar.

“Kami kembali kehilangan dua poin. Tapi saya harus bilang ini adalah hasil bagus (bisa meraih satu poin saat tampil buruk). Sebab Sociedad tampil superior,” kata Pique.

“Kami gagal unjuk gigi di babak pertama dan hanya sedikit berkembang di paruh waktu kedua. Jika demikian, maka akan sangat sulit untuk memenangi gelar,” sambungnya.

Bangkit di El Clasico

Hasil buruk akhir pekan ini menjadi lanjutan performa buruk Barcelona dalam beberapa laga terakhir di La Liga. Barca terlihat kesulitan di lima laga terakhir La Liga.

Barca hanya menang tipis melawan Valencia (3-2) pada 22 Oktober. Barca juga hanya menang 1-0 melawan Granada (30 Oktober) dan 2-1 atas Sevilla (7 November).

Dan sebelum ditahan imbang Sociedad akhir pekan lalu, Barcelona gagal meraih poin penuh saat menjamu Malaga pada 19 November lalu. Barca hanya bermain imbang tanpa gol.

Situasi buruk yang harus segera diperbaiki Blaugrana. Dan akhir pekan ini menjadi momen bagus Barca untuk bangkit. Sebab mereka akan menghadapi pemuncak klasemen, Real Madrid.

Kemenangan di laga ini akan menjaga peluang Barcelona mempertahankan gelar juara. Di saat yang sama, kemenangan juga akan mengangkat moral skuad Barca yang sedang terpuruk.

Sikap optimis pun ditunjukkan Enrique. “(Laga melawan Sociedad) menjadi yang terburuk di era kami. Tapi, saya yakin wajah Barca akan berbeda di El Clasico nanti,” katanya.

“El Clasico akan sangat penting dan menentukan. Saya yakin Barca bakal bermain habis-habisan,” lanjut mantan pelatih AS Roma tersebut.

Sebelum menjamu Real Madrid di Camp Nou pada Sabtu besok, Barcelona terlebih dulu harus melawan Hercules di ajang Copa del Rey, tengah pekan ini (Kamis dinihari WIB).

To Top