👍 Sepakbola Italia

Sepakbola Kini Lebih Utamakan Fisik Dibanding Taktik

Kapten AS Roma Francesco Totti menyatakan dunia sepakbola kini kian mengutamakan aspek fisik dibanding taktik.

Pemain berusia 40 tahun itu sebelumnya menyatakan sepakbola adalah segalanya baginya. Ia kemudian juga membahas tentang perbedaan yang muncul di era sepakbola modern saat ini.

“Sebelumnya taktik lebih menonjol, tapi sekarang lebih kepada aspek fisik,” kata Totti dalam wawancara dengan New York Times.

“Saya lebih memilih yang sebelumnya. Itu lebih mengutamakan teknis, lebih tenang. Bagi saya itulah sepakbola,” lanjutnya.

“Sepakbola adalah tentang teknik dan mental. Semua berada di pikiran. Anda harus memahami di mana bola berada dan ke mana anda ingin mengarahkannya.”


“Saya suka ketika berpikir tentang apa yang harus saya lakukan, tentang bagaimana mengubah posisi. Ketika saya berpikir, akan sulit untuk melakukan kesalahan.”

“Saya akan senang jika di tim muda ada seseorang yang dapat melakukan apa yang telah saya lakukan, seperti yang Daniele De Rossi sedang lakukan, bertahan di sini [Roma] selama mungkin, sangat sulit melakukannya di era sepakbola modern,” kata pemain yang telah membela tim utama Roma sejak 1993.

Totti kemudian juga mengungkapkan hal yang paling ia inginkan dalam perjalanan 24 tahun karier profesionalnya.

“Satu hal yang saya inginkan? Hanya menggunakan seragam ini [Roma]. Hanya itu satu-satunya.

To Top