👍 Liga Indonesia

Selamat, Persipura Jayapura Juara ISC 2016

Persipura Jayapura akhirnya memastikan diri tampil sebagai juara Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 setelah dalam pertandingan terakhir, matchday ke-34, menundukkan PSM Makassar dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan di Stadion Mandala di Kota Jayapura, Papua, pada Minggu sore, 18 Desember 2016, skuad berjuluk Mutiara Hitam menghasilkan keempat golnya pada 45 menit babak pertama. Adapun secara keseluruhan Persipura mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola hingga 66 persen.
Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, Ferinando Pahabol membuka dua gol awal Persipura pada menit 21 dan 25. Pada menit ke-41 Persipura menambah gol melalui striker dengan 18 caps bersama Timnas Liberia, Edward Wilson Junior, dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Saat turun minum Persipura telah unggul 4-0 berkat kontribusi sundulan kepala Osvaldo Haay yang menuntaskan kemelut yang terjadi di hadapan gawang tamunya yang datang dari Sulawesi Selatan, yang bermula dari umpan sepak pojok.

Sebenarnya PSM pada babak pertama berpeluang memperkecil skor, namun tendangan penalti Rasyid Bakri dapat diblok kiper Persipura asal Korea Selatan, Yoo Jae-Hoon.

Memasuki 45 menit babak kedua, Persipura mengendurkan tekanan dan PSM mampu membalas dua gol melalui Rasyid Bakri pada menit 85 dan 90, sehingga skor akhir 4-2 untuk kemenangan Persipura.


Dengan hasil ini, Persipura memastikan juara ISC 2016 apa pun hasil pertandingan yang akan dijalani rival terdekatnya, Arema Cronus, yang baru memainkan laga terakhirnya dengan menjamu Persib Bandung di Malang pada Minggu malam.

Persipura juara dengan koleksi angka 68, sedangkan Arema mengumpulkan 53 poin. Sebenarnya, Persipura hanya perlu hasil imbang kontra PSM. Jika Persipura vs PSM imbang, dan Arema menang atas Persib, nilai Persipura dan Arema 66, namun Persipura tetap juara karena unggul head to head.

Apalagi dengan hasil berupa kemenangan, maka Persipura dipastikan tampil sebagai juara dengan keunggulan poin, bukan sekadar head to head, atas Arema Cronus.

To Top