👍 Sepakbola Spanyol

Sejak Messi Debut, Barcelona Raih 23 Trofi, Madrid 10

www.indolivescore.com – 17 tahun dan 114 hari, itulah usia Lionel Messi ketika ia melakoni debut untuk (tim utama) Barcelona. Manajer asal Belanda,Frank Rijkaard adalah pelatih yang mengambil keputusan untuk menurunkan Messi di pertandingan melawan Espanyol, Oktober 2004.

Sejak saat itu kehebatan Messi semakin mendunia. Sementara performanya membuat Barcelona semakin menanjak, gelar demi gelar makin mengisi lemari trofi di Camp Nou.

Menurut as.com , sejak melakoni debutnya itu La Pulga telah memberikan 23 titel untuk Barca, dalam periode yang sama pula, sang rival abadi, Real Madrid hanya meraih 10 gelar. Rincian dari 23 gelar tersebut adalah tujuh gelar liga, tiga Copa del Rey, tiga Liga Champions, enam PIala Super Spanyol, dua Piala Super Eropa dan dua Piala Dunia Antar Klub.

Sedangkan 10 trofi Madrid sejak Messi melakukan debut di tim utama Barcelona adalah tiga gelar liga, dua Copa del Rey, dua Piala Super Eropa, satu Liga Champions, Piala Super Spanyol dan PIala Dunia Antar Klub.

Bagaimana bila apa yang diberikan Messi untuk Barca itu dibandingkan dengan apa yang diberikan Cristiano Ronaldo pada Madrid? Sejak CR7 merapat ke Bernabeu pada musim panas 2009, tetap Messi lebih banyak memberi trofi pada Barca, dengan perbandingan Messi 15 trofi dan Ronaldo tujuh.


Dari sedikit data di atas terlihat bahwa pengaruh penyerang 27 tahun asal Argentina itu begitu dahsyat bagi Blaugrana. Dan tentu saja Messi masih berpeluang untuk memberikan trofi Liga Champions bila ia sanggup membawa timnya menekuk Juventus di Berlin (07/06).

To Top