👍 Liga Indonesia

Ryan Sanusi, Pemain Berdarah Indonesia yang Bersinar di Liga Belanda

Warga berketurunan Indonesia banyak terdapat di Belanda dan Belgia. Bahkan di antara mereka ada yang menjadi pemain sepakbola terkenal seperti Radja Nainggolan dan mantan kapten Tim Nasional Belanda, Giovanni van Bronckhorst.

Banyaknya pemain berdarah Indonesia di Eropa kerap membuat PSSI berupaya merekrut mereka untuk membela Timnas Indonesia. Stefano Lilipaly menjadi contoh teranyar dan kini menjadi andalan Skuad Garuda di Piala AFF 2016.

Kini muncul Ryan Sanusi yang membela klub Belanda, Sparta Rotterdam. Tak bisa dibantah, nama dia sekilas seperti berasal dari Jawa Barat. Akan tetapi, pemain berusia 24 tahun tersebut mengakui dirinya berasal dari ibu seorang Belgia, sementara ayah Nigeria.

“Memang sering saya mendapat pertanyaan seperti ini sehubungan dengan nama belakang saya,” papar Sanusi, seperti dikutip dari Sepakbolanda.

“Ibu saya Belgia dan ayah Nigeria. Ayah saya datang ke Belgia dalam rangka kuliah dan bertemu dengan ibu. Saya masih punya satu adik perempuan. Orang tua berpisah ketika saya berusia 11 tahun,” jelasnya.


To Top