👍 Berita Bola

Ryan Giggs: Saya Mau Bilang Cristiano Ronaldo Lebih Hebat Tetapi Lionel Messi Juga Jenius

Pelatih timnas Wales, Ryan Giggs, tidak memungkiri bahwa Cristiano Ronaldo merupakan pemain terbaik di dunia. Akan tetapi, Ryan Giggs juga tidak menutup mata akan kejeniusan Lionel Messi di sepak bola.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang sangat dominan. Keduanya merajai perolehan gelar pemain terbaik, dari berbagai versi. Catatan rekor dan gelar juara juga terus dibukukan oleh Messi dan Ronaldo.

Paling baru, Ronaldo dan Messi akan bersaing untuk mendapatkan gelar Ballon d’Or 2019. Ronaldo yang meraih sukses di Juventus dan Portugal disebut jadi kandidat potensial, bersama Messi yang sebelumnya sukses menyabet gelar pemain terbaik FIFA 2019.

Sudah banyak para pelaku sepak bola yang memberi pendapat ihwal siapa lebih baik antara Messi dan Ronaldo. Kali ini, giliran Ryan Giggs yang memberikan pendapat.


Ryan Giggs mengagumi kedua pemain, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ryan Giggs pernah bermain dengan Ronaldo, dia tahu betul seperti apa kehebatan pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut. Ronaldo adalah salah satu yang terbaik.

“Saya ingin mengatakan Cristiano [yang terbaik] karena jelas, saya bermain dengannya dan melihat evolusinya, tetapi Messi jenius – tidak ada perbandingan antara mereka,” ucap Ryan Giggs dikutip dari DAZN.

“Memilih antara satu atau yang lain sangat sulit. Messi adalah pemain yang hanya kamu lihat sekali seumur hidup,” sambung Ryan Giggs.

Ryan Giggs pernah menjadi rekan satu tim Ronaldo di Manchester United. Ryan Giggs pernah menjadi ‘mentor’ yang membimbing Ronaldo. Sedangkan, saat masih aktif bermain, Ryan Giggs juga pernah beberapa kali menjadi lawan bagi Messi.

Sebagai pelatih timnas Wales, Ryan Giggs punya kepentingan yang besar terkait karir Gareth Bale. Pemain berusia 30 tahun tersebut selama ini selalu menjadi andalan Ryan Giggs di timnas. Namun, situasi Bale di Real Madrid kini jauh dari ideal.

“Dari luar tampaknya aneh melihat Bale karena kualitas yang dimiliki dan karena apa yang telah dimenangkannya di Liga Champions. Dia penting dalam sukses itu, jadi sangat aneh apa yang terjadi di musim panas.”

“Saya melatihnya di timnas Wales dan bagi saya dia adalah kapten tim; dia memimpin tim nasional dengan contoh dan adalah seorang profesional hebat dengan bakat luar biasa, dia bisa mengubah permainan,” ucap Ryan Giggs.

Pada bursa transfer musim panas 2019 lalu, Gareth Bale berada dalam situasi yang tidak jelas. Real Madrid berniat menjualnya, bahkan Zinedine Zidane mempersilahkan dia untuk segera pindah. Sempat ada pendekatan dari klub China, tetapi pada akhirnya Madrid urung melepas eks pemain Tottenham.

To Top