👍 Sepakbola Spanyol

Review Perjalanan karier Neymar sepanjang tahun 2015

indolivescore.com – Di antara sekian banyak bintang yang berlaga di kompetisi elit Eropa sepanjang tahun 2015, tak berlebihan rasanya jika menyebut Neymar sebagai salah satu yang sinar kebintangannya paling terang di antara lainnya.

Datang ke Barcelona dari Santos di 2013, pemain Brasil sempat mengakhiri musim perdananya dengan mengecewakan. Ia tak sanggup mempersembahkan satu pun trofi untuk klub dan manajer Gerardo Martino memutuskan hengkang dari Camp Nou. Ditambah lagi, performaBrasil di Piala Dunia 2014 juga jauh dari kata memuaskan.

Namun rupanya semua itu jadi pelajaran yang amat berharga bagi Neymar. Sebab di tahun 2015, karir pemain yang kabarnya sempat diincar Real Madrid itu meroket tajam. Di akhir musim 14/15, ia menjadi bagian vital dari sukses Barca meraih treble winners di bawah asuhan Luis Enrique. Tak hanya itu, sang pemain juga keluar sebagai top skorer di Liga Champions.

Puncaknya, FIFA belum lama ini mengumumkan nama Neymar sebagai satu dari tiga finalis penerima trofi Ballon d’Or, bersama dengan dua pesepakbola kelas dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Catatan yang luar biasa untuk seorang pemain yang baru dua tahun bermain di Eropa.

Meski demikian, bukan berarti sepanjang 2015 tidak ada kerikil-kerikil yang berpotensi menyandung karir Neymar. Seperti apa tepatnya? Anda bisa simak secara lengkap dalam kaleidoskop perjalanan karir pemuda berusia 23 tahun selama 12 bulan belakangan ini.


Januari

Awal tahun 2015, Neymar sempat mendapatkan liburan dua pekan dariBarcelona. Di laga melawan Elche di Copa del Rey, pemain Brasil sempat membuat dua gol dan membantu timnya menang 5-0.

Tiga hari setelah laga tersebut, tepatnya di 11 Januari, kaki Neymar tertangkap kamera berdarah – usai mendapatkan tekel keras dari Jose Maria Gimenez di duel melawan Atletico Madrid, yang digelar di Camp Nou.

Insiden tersebut tak membuat Neymar mengalami cedera parah. Eks bintang Santos bahkan sempat mengungkap di akhir bulan, bahwa ia ingin bermain di Olimpiade 2016 bersama Timnas Brasil di Rio.

Namun demikian, aksi ‘sok pamer’ yang ditunjukkan Neymar di laga melawan Los Rojiblancos menuai kritik dari pemain lawan. Cani sempat mengatakan pemain Brasil bakal menuai masalah dengan gaya mainnya tersebut. Sementara Neymar sendiri sempat membela diri dan meminta orang lain untuk memberinya ‘rasa hormat’ lewat pesan yang ia unggah di Instagram.

Februari

Kasus transfer Neymar dari Santos ke Barcelona, yang diklaim bernuansa penggelapan pajak, masih terus bergulir di Spanyol. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, dan eks pemimpin Barca, Sandro Rosell, dianggap terlibat aktif di dalamnya. Kedua sosok penting Blaugrana itu pun diminta datang ke pengadilan untuk memberikan kesaksian.

Klub lantas tak tinggal diam, mereka sempat mengeluarkan pernyataan resmi untuk memberikan dukungan moral pada Bartomeu, Rosell, dan Neymar sendiri.

Penyelidikan yang berlarut-larut dan tampak tak menemui titik temu, dianggap bakal merusak konsentrasi sang bintang dan klub. KaptenBarcelona, Xavi, sempat menyatakan mereka ‘lelah dengan saga kasus transfer Neymar’.

Maret

Di laga Liga Champions melawan Manchester City, Barcelona menang dengan skor 2-1 di Etihad. Neymar ditarik di menit ke-80 dan sang pemain sempat tertangkap kamera saling adu mulut dengan fans The Citizens. Insiden ini sempat mendapat perhatian besar dari media-media Inggris, seperti Daily Mail dan The Mirror.

Namun demikian, di bulan ini Neymar juga mendapatkan trofi ‘Samba Gold’ yang sebagai penghargaan untuk pemain Brasil terbaik yang tengah menjalani karir di Eropa.

April

Neymar memantik gosip tak sedap mengenai hubungannya dengan sang bos, Luis Enrique. Pemain Brasil terlihat tak senang, ketika sang manajer menariknya keluar di pertandingan melawan Sevilla, demi menurunkan Xavi.

Namun demikian, Neymar kemudian meredam isu itu dengan mengatakan pada media bahwa ia hanya memberikan reaksi sesaat. Buktinya, di leg pertama perempat final Liga Champions melawan PSG, sang bintang sukses mencetak gol pembuka timnya di Parc des Princes.

Kabar negatif mengenai hubungan Neymar dan Enrique, akhirnya benar-benar berakhir, usai ayah sang pemain mengkonfirmasi pada media bahwa kedua pihak sudah saling bicara dan menemukan titik temu.

Mei

Neymar membuat gol ke-50 sepanjang karirnya di Barcelona, kala ia membantu tim Catalan menang 2-0 atas Real Sociedad dalam laga lanjutan La Liga yang berlangsung di Camp Nou.

Namun demikian pemain Brasil juga sempat menuai kontroversi, usai ia sempat me-nutmeg Mario Suarez di pertandingan melawan Atletico Madrid di Vicente Calderon. Aksi itu dianggap sebagai bentuk provokasi lawan, seperti yang ia lakukan di awal tahun.

Neymar sendiri mengaku tahu bahwa gaya permainannya berpotensi membuat lawan terpancing emosinya, namun ia menegaskan ‘takkan pernah berubah’.

Juni

Barcelona menyambut partai final Liga Champions melawan Juventus, yang akan dimainkan di Berlin. Pada media, Neymar mengaku ‘senang’ akan memainkan final pertamanya dan mengungkap ingin ‘mencium trofi Liga Champions’.

Pada akhirnya Barcelona sukses menang 3-1 atas Tim Nyonya Tua. Mereka melengkapi treble di musim perdana bersama Luis Enrique dan Neymar sukses membuat satu gol ke gawang Gianluigi Buffon.

Pemain Brasil total membuat 10 gol di kompetisi Eropa dan ia menjadi top skorer bersama dengan Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo yang juga mengumpulkan gol dengan jumlah yang sama.

Usai menyelesaikan semua kompetisi di level klub, Neymar bertolak keChile untuk mengikuti Copa America 2015 bersama Brasil. Namun sayang, partisipasinya hanya seumur jagung, usai sang pemain terlibat konflik dengan pemain Kolombia di fase grup, dan mendapat hukuman empat laga serta denda 10.000 dollar dari CONMEBOL.

Juli

Hukuman membuat Neymar otomatis tak bisa berlaga di sisa turnamen Copa America 2015. Selain itu, partisipasinya di kompetisi tertinggi antar negara Amerika Selatan juga membuat sang pemain mendapat libur ekstra dari Barcelona, hingga ia tidak ikut dalam tur pra-musim yang digelar klub di Amerika Serikat.

Pada bulan ini, nama Neymar, bersama dengan Lionel Messi dan Luis Suarez, masuk dalam daftar pemain terbaik UEFA. Prestasi ini tak terlepas dari sukses sang pemain menghantar Barcelona meraih treble

Agustus

Jelang penutupan bursa transfer, Neymar sempat diisukan bakal menerima tawaran dengan jumlah besar dari Manchester United. Tim Setan Merah tampaknya benar-benar serius, hingga presiden Josep Maria Bartomeu sempat secara tegasmembantah pada media bahwa klub akan melepas pemain Brasil ke Old Trafford.

Kompetisi anyar mulai bergulir bulan ini. Namun demikian, awal musim 15/16 jadi momen pahit bagi Neymar. Mantan penggawa Santos harus absen di beberapa pekan awal La Liga dan juga tak bisa bermain di Piala Super Eropa serta Piala Super Spanyol, karena menderita penyakit gondok. Ia bahkan harus diisolasi, agar penyakitnya tak sampai menular ke pemain lain.

September

Isu mengenai transfer Neymar ke Manchester United masih terus bergulir, terutama usai beredar kabar yang mengatakan bahwa Barcelona dan sang agen tak bisa mencapai kata sepakat soal kontrak baru.

Namun Neymar Senior, ayah sekaligus agen sang bintang mengatakan: “Semua orang bisa tenang, Neymar akan bertahan di Barcelona.”

Di akhir bulan ini, pemain Liverpool – Philippe Coutinho sempat disebut masuk radar Blaugrana. Dan seolah ingin memanaskan rumor yang beredar, Neymar menyatakan bahwa kompatriotnya itu ‘akan sempurna untuk Barcelona’.

Oktober

Neymar mendapat beban lebih berat di Barcelona, usai Lionel Messi mengalami cedera lutut di laga melawan Las Palmas dan diperkirakan bakal absen selama dua bulan.

Pukulan berat lainnya juga didapatkan oleh pemain Brasil, usai CBF menemui jalan buntu terkait upaya pengampunan terhadap hukuman larangan bermain Neymar. Dengan kata lain, sang bintang bakal absen di dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Bulan ini ayah Neymar selaku agen sang pemain mengkonfirmasi anaknya memang benar mendapat tawaran dari Manchester United. Namun demikian, pembicaran mengenai kontrak baru dengan Barcelona disebut akan berlangsung dalam waktu dekat.

Beralih ke atas lapangan, Neymar mencetak rekor baru dengan membuat empat gol ke gawang Rayo Vallecano untuk membantu Barcelona menang 4-2 pada 17 Oktober. Ini merupakan ke-5 kalinya sang pemain membuat quattrick di sepanjang karirnya.

November

8 November jadi tanggal bersejarah untuk Neymar di Barcelona. Tak hanya membuktikan bahwa dirinya bisa jadi mesin gol baru tim di tengah absennya Messi, ia juga membuat gol indah kala tim menang attas Villarreal 3-0.

Gol kedua Neymar di Camp Nou tersebut diawali dengan gerakan ‘sombrero’ yang mengecoh bek lawan, sebelum ditutup dengan tendangan keras ke arah kiper. Bahkan ada banyak pihak yang menilainya mirip dengan gol Pele di final Piala Dunia 1958.

Di luar lapangan, isu mengenai penggelapan pajak terus menghinggapi sang pemain. Sejumlah asetnya di Brasil dibekukan oleh pihak berwajib. Spekulasi yang muncul lantas mengatakan Neymar bisa jadi akan dipaksa pergi dari Barcelona, jika kasus pajak yang menimpanya tak kunjung berakhir.

Namun di akhir bulan, Neymar mendapat kabar gembira, usai FIFA mengumumkan namanya masuk dalam satu dari tiga finalis Ballon d’Or. Selain itu, sang pemain juga mendapat penghargaan pemain Amerika Latin terbaik dalam gala La Liga yang digelar LFP.

Desember

Neymar mengalami cedera di sesi latihan jelang laga pemungkas fase grup Liga Champions melawan Bayer Leverkusen di Bay Arena.

Barcelona menyatakan tak tahu pasti kapan Neymar akan pulih, namun ayah sang pemain sempat mengatakan cedera anaknya tak terlalu parah dan mungkin ia hanya akan absen di dua laga – termasuk semifinal Piala Dunia Antarklub di Jepang. Kabar terakhir yang beredar mengatakan bahwa Neymar optimis bisa berlaga di negeri ‘Matahari Terbit’, namun dengan catatan Blaugrana sukses mengalahkan Guangzhou Evergrande dan masuk final.

 

To Top