👍 Sepakbola Spanyol

Real Madrid Disingkirkan Klub Asal Amrik Sebagai Klub Olahraga Paling Bernilai

Real Madrid Bukan Klub Olahraga Paling Bernilai Sejagat Lagi

indolivescore.com – Real Madrid bukan lagi klub olahraga paling bernilai di dunia ini. Posisi raksasa Spanyol itu kini digantikan tim olahraga dari Amerika Serikat. Seperti dilansir dari Sky Sports, tim sepak bola Amerika (NFL) Dallas Cowboys telah menggeser posisi Madrid sebagai klub yang memiliki nilai paling tinggi di dunia berdasarkan majalah ekonomi Forbes. Itu untuk kali pertama Madrid tergeser posisinya sejak tiga tahun terakhir.

Berdasarkan perhitungan terakhir, Cowboys naik satu peringkat dan kini memiliki nilai US$4 miliar (sekitar Rp 52,3 triliun). Nilai Cowboy menignkat sebesar US$3,2 miliar dari tahun lalu. Sementara Madrid meskipun meningkat sekitar 12,5 persen nilainya masih berada di bawah Cowboys yakni US$3,65 miliar.

Sejauh ini, lima besar klub paling bernilai di dunia masih dikuasai tim sepak bola Eropa. Selain Madrid, tim sepak bola Eropa lainnya yang masuk lima besar adalah Barcelona di tempat ketiga (US$3,55 miliar) dan Manchester United di tempat kelima (US$3,32 miliar).

MU sendiri semakin merosot nilainya sejak pernah menjadi yang pertama pada 2011 dan 2012.

Adapun di peringkat keempat adalah  klub baseball dari Amerika Serikat New York Yankees.


Hanya Madrid, Barcelona, dan Manchester United klub Eropa yang masuk daftar 10 besar tim paling bernilai sedunia versi Forbes. Selain tiga tim sepak bola Eropa itu, semua klub lainnya di 10 besar adalah klub-klub olahraga Amerika Serikat.

Klub dari NFL mendominasi dengan lima klub, sementara dari kompetisi basket Amerika (NBA) diwakili dua klub yakni New York Knicks (7) dan Los Angeles Lakers (10). LA Lakers sendiri berada di peringkat 10 sama dengan klub NFL San Francisco 49ers karena memiliki taksiran ilai sama yakni US$2,7 miliar.

Dan, berikut adalah daftar 10 besar klub-klub paling bernilai tersebut:

Klub/ Estimasi nilai dalam US$ miliar/ asal olahraga / peringkat tahun lalu

  1. Dallas Cowboys/ 4,0/ NFL/ 2
  2. Real Madrid/ 3, 65/ Sepak Bola/ 1
  3. Barcelona/ 3, 55/ Sepak Bola/ 4
  4. New York Yankees/ 3,4/ MLB/ 2
  5. Manchester United/ Sepak Bola/ 5
  6. New England Patriots/ 3,2/ NFL/ 6
  7. New York Knicks/ 3,0    NBA/ 8
  8. Washington Redskins/ 2,85/ NFL/ 9
  9. New York Giants/ 2,8    NFL/ 12
  10. Los Angeles Lakers/ 2,7/ NBA/ 6
  11. San Francisco 49ers/ 2,7/ NFL/ 22

To Top