👍 Liga Indonesia

Persib Juara Indonesia Super League 2014

wwwindolivescore.com –  Persib Bandung sukses mengakhiri kerinduan mereka akan gelar Indonesia Super League setelah mengalahkan Persipura Jayapura di partai final ISL 2014. Bermain di Stadion Jakabaring Palembang, Maung Bandung menang lewat adu penalti dengan skor 5-3 setelah kedua tim bermain imbang 2-2.

Mendapatkan dukungan langsung dari Bobotoh yang datang langsung dari Bandung tak membuat Persib Bandung mengawali pertandingan dengan mudah. Justru Persipura yang mampu menggebrak lewat serangan sayap mengandalkan kecepatan para pemain Mutiara Hitam.

Hasilnya,  Persipura mampu unggul cepat lewat gol Ian Louis Kabessaat pertandingan baru berjalan enam menit. Mendapatkan umpan terukur dari Gerald Pangkali, Kabes sukses menaklukkan I Made Wirawan dengan tendangan mendatar.

Tertinggal lewat gol cepat Louis Kabes, Maung Bandung tersentak. Pada menit ke-16 Konate Makan mencoba peruntungan lewat tendangan keras di depan kotak penalti lawan. Sayang tendangannya belum menemui sasaran.

Pertandingan semakin seru memasuki menit ke-20. Firman Utina memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas. Sayang peluang tersebut gagal dimaksimalkan Utina setelah tendangannya membentur pagar hidup Persipura. Begitu juga dengan peluang dari Tantan pada menit ke-25 yang masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman.


Di masa injury time babak pertama, Mutiara Hitam harus bermain dengan 10 pemain setelah Bio Paulin mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar Ferdinand Sinaga, dan Persib mendapatkan hadiah tendangan bebas. Petaka pun datang bagi Persipura, tendangan bebas Utina mampu menghasilkan kemelut di dalam kotak penalti dan memaksaEmanuel Wanggai mencetak gol bunuh diri. Skor imbang 1-1 mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, Persib Bandung yang unggul jumlah pemain langsung tancap gas. Pada menit ke-53, Muhammad Ridwan sukses membalikkan kedudukan setelah tendangannya memanfaatkan umpan Utina mampu bersarang di pojok gawang Persipura. Skor berbalik 2-1 untuk keunggulan Maung Bandung.

Tertinggal, Persipura mencoba lebih agresif memberikan tekanan ke pertahanan Persib lewat serangan balik. Masuknya Ferinando Pahabol menjadi petaka bagi Persib. Pahabol menjadi aktor dari gol penyama kedudukan yang dicetak oleh Boaz Solossa pada menit ke-79.

Pahabalo yang merangsek dari sisi kiri pertahanan Persib mampu memberikan umpan kepada Robertino Pugliara. Melihat Boaz tanpa kawalan, Pugliara pun dengan cepat memberikan umpan kepada kapten Persipura tersebut. Tanpa cela, Boaz sukses menyamakan kedudukan 2-2 yang bertahan hingga waktu normal selesai.

Bermain imbang 2-2 membuat pertandingan dilanjutkan lewat perpanjangan waktu. Pada menit ke-92, Persib mendapatkan peluang lewat Konate Makan. Sayang tendangan Konate masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Dede Sulaeman.

Persib terus mencoba untuk memberikan tekanan kepada pertahanan Persipura. Namun beberapa peluang dari Makan Konate, Ferdinand Sinaga hingga Atep masih belum menemui sasaran.

Di perpanjangan waktu babak kedua, Persib tak mengendurkan serangan. Menit ke-107, Atep nyaris mencetak gol, namun kembali Dede Sulaiman mampu menggagalkan peluang tersebut.

Pada menit ke-110, Persib yang terus menggempur Persipura justru harus kehilangan pemain setelah Vladimir Vujovic mendapatkan kartu kuning kedua. Kartu kuning tersebut diberikan karena wasit menilai Vujovic mencoba menyundul bola yang berada di dekapan kiper Dede Sulaiman.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain, permainan kembali berimbang. Baik Persipura dan Persib bergantian melakukan serangan, namun hingga pertandingan usai, skor 2-2 tak berubah dan membuat laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, Persib sukses besar. Seluruh algojo mereka sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Konate Makan, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto dan Achmad Jufriyanto sukses mengeksekusi penalti. Sementara di kubu Persipura, tiga penendang pertama, Boaz Solossa, Ferinando Pahabol dan Robertino Pugliara sukses, sedangkan penendang keempat Nelson Alom gagal menjalankan tugasnya. Persib pun keluar sebagai pemenang dan memastikan gelar Indonesia Super League 2014 berada dalam genggaman mereka

To Top