👍 Liga Indonesia

Pemerintah Kaji Pencabutan Pembekuan PSSI

indolivescore.com – Pemerintah Republik Indonesia menegaskan siap mempertimbangkan opsi untuk mencabut sanksi pada PSSI. Mereka mengaku akan mengkaji opsi ini dalam satu-dua hari ke depan.

Menurut rilis dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang diterimaBola.net, opsi ini muncul menyusul pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Ketua Tim Ad-Hoc Agum Gumelar. Pertemuan ini berlangsung di Istana, Rabu (24/02) sore.

“Setelah tidak terlalu lama saling berdiskusi (jam 17.00 – 17.40), Presiden memberi arahan pada Menpora untuk dalam satu dua hari ini mengkaji bagi kemungkinan rencana pencabutan pembekuan terhadap PSSI,” ujar Deputi V Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, dalam rilis tersebut.

“Menpora langsung menyanggupi arahan Presiden untuk langsung mengkaji rencana pencabutan pembekuan ini dan sesegera mungkin akan melaporkan pada Presiden,” sambung pria yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora ini.

Sementara itu, dalam kajian yang akan dilakukan Menpora tetap akan  mengedepankan esensi reformasi atau pembenahan tata kelola sepakbola nasional. Menurut Gatot, seandainya pilihan pencabutan pembekuan tersebut diambil, pemerintah tetap akan menyertakan sejumlah persyaratan.


“Salah satunya, persyaratan KLB yang tadi juga sudah disepakati oleh Agum Gumelar. Agum minta 1 tahun, tetapi Menpora dalam rencana kajiannya akan minta 6 bulan (lebih cepat),” papar Gatot.

Lebih lanjut, Gatot membeber bahwa melunaknya sikap pemerintah -yang akhirnya bersedia mengkaji pencabutan sanksi pada PSSI- bukan merupakan sebuah ‘kekalahan’. Menurutnya, ini merupakan hal yang dilakukan bagi kepentingan sepakbola yang lebih baik.

“Khususnya jelang Sea Games 2017 dan Asian Games 2018,” tandasnya.

To Top