👍 Sepakbola Italia

Menunggu Pecahnya Rekor Transfer Pemain Bola Termahal Dunia

Pecahnya Rekor Transfer Pemain Bola Termahal Dunia

indolivescore.com – PIALA Eropa 2016 baru berakhir Minggu (10/7) malam lalu. Namun, geliat transfer untuk musim kompetisi 2016/17 sudah banyak dilakukan klub-klub sebelum dan selama pesta sepak bola terbesar Benua Biru itu dilangsungkan.

Untuk musim depan, rekor transfer tertinggi pada musim panas ini masih dipegang Hulk yang pindah dari Zenit St. Petersburg (Rusia) ke Shanghai SIPG (Cina). Walau harga jual penyerang Brasil bernama asli Givanildo Vieira de Souza itu ada di kisaran 32 juta euro (versi Transfermarkt), SIPG yang dilatih Sven-Goran Eriksson berani menggelontorkan 55,8 juta euro atau sekitar Rp 812 miliar untuk mendapatkan striker 29 tahun tersebut.

Di liga-liga elite Eropa, sejauh ini baru klub-klub asal Inggris yang terlihat agresif dan berani mengeluarkan uang lebih. Arsenal FC misalnya. Mereka berhasil mendatangkan gelandang 23 tahun asal Swiss, Granit Xhaka, dari Borussia Moenchengladbach dengan harga fantastis, 45 juta euro. Dengan jumlah tersebut, Xhaka menempati peringkat kedua termahal sekaligus tertinggi di Liga Primer pada bursa transfer musim panas sejauh ini.

Dari La Liga Spanyol, dua klub raksasa, FC Barcelona dan Real Madrid CF, sepertinya tidak terlalu ngotot berburu pemain. Rekor tertinggi pembelian Barca sejauh musim panas ini masih dipegang Samuel Umtiti, bek tengah timnas Prancis, yang didatangkan dari Olympique Lyon hanya dengan banderol 25 juta euro.

Sementara, Madrid baru “menebus” kembali si anak hilang, Alvaro Morata, dari Juventus FC dengan harga 30 juta euro. Untuk sementara, harga striker 23 tahun itu menjadi tarnsfer tertinggi yang dilakukan klub-klub La Liga.


Di Italia, klub-klub anggota Seri A juga cenderung pasif di bursa transfer musim panas ini. Krisis ekonomi yang semakin parah menyusul keputusan empat negara Britania Raya (Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia) keluar dari Uni Eropa, memang berdampak serius untuk Italia. Transfer paling “menghebohkan” di Italia sejauh ini baru kepindahan gelandang serang Miralem Pjanic dari AS Roma ke Juventus (32 juta euro).

Kini, publik masih menanti siapa yang akan memecahkan rekor transfer tertinggi pada musim panas ini. Lima liga elite Eropa (Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris) memiliki batas akhir transfer sama, 31 Agustus malam (pukul 11.00 waktu setempat).

Perkembangan transfer Paul Pogba dinilai paling paling dinanti. Agen gelandang timnas Prancis itu memang meragukan masa depan pemainnya di Juventus. Namun, Mino Raiola – agen Pogba – menegaskan bahwa Manchester United (MU), klub yang saat ini paling menginginkan kliennya, bukan satu-satunya opsi.

Menurut Raiola, seluruh klub kini tertarik kepada Pogba. Tahun lalu, menurut Raiola, Chelsea FC sudah menyatakan ketertarikan. Kini, selain MU, Real Madrid dikabarkan juga masih melirik gelandang 23 tahun tersebut. Bila tidak jadi pindah pun, Juventus dipastikan sangat senang walau harus kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan menggiurkan.

Seperti diketahui, MU sudah mengajukan penawaran 100 juta pound (sekitar Rp 1,72 triliun). Padahal, Juventus mendapatkan Pogba dari MU secara gratis pada Agustus 2012 lalu.

Selain Pogba, kabar panas soal transfer bernilai fantastis juga datang dari rekan setimnya di timnas Prancis, Dimitri Payet. David Sullivan, salah satu Ketua West Ham United, klub pemlik Payet, sudah menegaskan tidak akan melepas pemain sayap kiri yang bersinar di Piala Eropa 2016 lalu. Menurut Sullivan, walau sudah 29 tahun, harga Payet tidak kurang dari 100 juta pound. Bila ada klub yang mengajukan harga itu pun, Sullivan menegaskan bakal menolaknya.

To Top