👍 Berita Bola

‘Menara Kembar’ Virgil van Dijk dan Joel Matip Memperkuat Pertahanan Liverpool

Liverpool sejauh ini menjadi klub yang paling minim kebobolan di Premier League 2019/2020. Catatan ini tentu saja tidak lepas dari kinerja apik yang ditunjukkan dua menara di posisi bek tengah.

Dari tujuh laga yang telah dimainkan oleh Liverpool, baru ada lima gol saja yang mampu disarangkan oleh lawan. Jumlah ini sama dengan yang diukir oleh Leicester City. Akan tetapi, The Foxes baru memainkan enam laga.

Dari uraian di atas, maka Liverpool sejauh ini adalah tim dengan tingkat kebobolan paling sedikit di Premier League. The Reds unggul dari tim lain seperti Manchester United dan Manchester City.

Performa apik pertahanan Liverpool tak lepas dari aksi gemilang Virgil van Dijk dan Joel Matip di lini pertahanan. Kedua pemain menjadi layaknya menara kembar di jantung pertahanan Liverpool yang susah ditembus lawan.


Duet Virgil van Dijk dan Joel Matip sudah menjadi andalan Jurgen Klopp sejak musim 2018/2019 yang lalu. Hanya saja, performa Matip pada musim lalu belum cukup stabil karena acap kali mengalami cedera dan harus absen.

Klopp beberapa kali memasang Joe Gomez dan Fabinho di posisi bek tengah untuk mendampingi Virgil van Dijk.

Namun, situasi tersebut nyaris tidak terjadi pada musim 2019/2020 ini. Duet Virgil van Dijk dan Joel Matip seolah sudah paten untuk posisi bek tengah. Matip telah memainkan enam laga dan Van Dijk tak tergantikan dari tujuh laga awal Premier League.

Salah satu keunggulan duet Van Dijk dan Matip adalah dalam duel bola udara. Maklum saja, kedua pemain tersebut punya tinggi yang menjulang. Van Dijk bertinggi 193 cm, sedangkan Matip bertinggi 195 cm.

Kombinasi antara Van Dijk dan Matip ibarat menara kembar di lini pertahanan Liverpool.

Tinggi badan Virgil van Dijk dan Joel Matip benar-benar menjadi titik lebih. Hal tersebut bisa dilacak buktinya dari sukses kedua pemain dalam memenangkan duel bola udara dengan lawan. Keduanya sangat tangguh di dalam duel udara.

Saat Liverpool menang 0-1 atas Sheffield United (28/9/2019) malam WIB, Joel Matip mampu mencatatkan 12 kali kemenangan duel udara. Dia hanya sekali saja kalah dalam melakukan duel udara.

Sementara, Virgil van Dijk punya catatan yang sangat bagus saat berjumpa Burnrley dan Newcastle pada laga sebelumnya. Berikut adalah catatan duel udara Matip dan Van Dijk selengkapnya:

Selain peran kedua pemain, barisan pertahanan Liverpool menjadi kokoh karena jasa besar Adrian. Walau pada awalnya hanya dijadikan pelapis bari Alisson, kiper asal Spanyol tersebut justru mampu tampil gemilang.

To Top