👍 Sepakbola Inggris

Mau Jadi Bek Tengah yang Tanggu, Nih Simak Tips Dari Rio Ferdinand

Buat kalian para pendukung Manchester United, pasti tau banget dong sama pemain yang satu ini. Yap, Rio Ferdinand, selama 12 tahun membela Setan Merah, doi dikenal sebagai salah satu bek tengah tertangguh di dunia. Berbagai prestasi pun udah pernah doi raih, mulai dari Liga Inggris, hingga trofi si kuping besar, Liga Champions.

Nah, karena berbagai pengalamannya tersebut, Ferdinand mau bagi-bagi sedikit tips nih. Pokoknya cocok banget deh buat kalian yang juga kepengen banget jadi bek tengah jago. Penasaran sama tips-tips ala Ferdinand? Yuk, simak ulasan berikut .

1. Tetap tenang dan yakin

Selain bertugas untuk mengawal lini pertahanan, bek tengah juga punya peran untuk mengalirkan bola dari belakang ke depan. Tugas kedua ini cukup krusial jika nggak dibarengi dengan ketenangan. Kalu panik ketika menerima bola di area seperempat lapangan, bukan nggak mungkin akan jadi salah oper dan justru membahayakan gawang sendiri.

β€œJika Anda panik saat bola datang ke arah Anda, rekan-rekan setim juga akan panic. Anda mesti terlihat setenang mungkin dan mengoper bola ke rekan setim,” ucap Ferdinand.


2. Perhatikan pergerakan lawan

Bek tengah juga harus punya kecermatan dalam memantau pergerakan lawan. Jangan sampai hanya terpaku pada arah datangnya bola, sebab lawan bisa saja punya pergerakan yang lebih gesit. Jika hal seperti ini diremehkan, lawan akan dengan mudah bergerak untuk mendapatkan bola lebih dulu ketimbang sang bek tengah. Alhasil, gawang pun jadi terancam kebobolan.

β€œKetika bola lambung datang dan Anda mengejar bola saat menghadap ke arah gawang sendiri, Anda harus mengantisipasi posisi pemain lawan yang sedang menekan,” ujarnya.

3.Β Β  Kendalikan permainan

Sebagai bek tengah, resiko kegocek oleh pemain lawan, sebisa mungkin harus dihindari. Salah satu caranya ialah dengan mengendalikan pergerakan lawan. Yap, pemain lawan jelas punya kemampuan yang berbeda-beda. Penyerang berbadan kecil tentu lebih lincah ketimbang yang berbadan besar. Kalian pun harus pintar dalam mencegah berbagai tipe pemain yang berusaha membahayakan gawang.

β€œJika Anda bermain melawan pemain berketerampilan tinggi dan sangat cepat, pastikan Anda bisa menjangkau dirinya saat ia pertama kali menyentuh bola. Jika Anda membiarkan dia bebas berlari ke arah Anda, Anda menghadapi bahaya. Pada lain waktu, Anda menghadapi striker yang mengandalkan fisik. Usahakan melakukan hal berbeda untuk membuatnya tampil buruk. Jika mereka nggak bisa membelakangi Anda, mereka nggak akan tahu dimana Anda. Buat mereka tetap menerka-nerka,” kata cowok yang pernah bermain untuk Leeds United itu.

To Top