👍 Berita Bola

Luciano Spalletti Adalah Salah Satu Dari 4 Calon Pengganti Marco Giampaolo di AC Milan

Posisi Marco Giampaolo di AC Milan sedang berada dalam tekanan. Bahkan, bukan tidak mungkin mantan pelatih Sampdoria itu akan kehilangan jabatannya dalam waktu dekat.

Milan menunjuk Giampaolo untuk menggantikan Gennaro Gattuso pada akhir musim kemarin. Giampaolo ditunjuk dengan harapan bisa mendongkrak prestasi Rossoneri pada musim 2019/20 ini.

Bukannya menanjak, Milan justru sekarang sedang terpuruk. Dari enam laga yang dilalui di Serie A musim ini, mereka hanya mampu meraih dua kemenangan. Alhasil, Rossoneri pun terdampar ke peringkat 16 dengan koleksi enam poin saja.

Terbaru, mereka menuai kekalahan atas Fiorentina dengan skor 1-3. Hasil itu membuat Gianluigi Donnarumma dan kolega melalui tiga pertandingan beruntun dengan kekalahan.


Rentetan hasil buruk yang diraih Giampaolo membuat posisinya dikabarkan mulai tidak aman. Sang allenatore bisa saja dicopot dari jabatannya dalam waktu dekat.

Jika Giampaolo benar-benar hengkang, maka Milan harus mencari penggantinya. Berikut ini empat pelatih yang bisa menggantikan Giampaolo di San Siro.

Gennaro Gattuso

Gattuso sebenarnya baru berpisah dengan AC Milan pada akhir musim lalu. Mantan gelandang Rossoneri itu meninggalkan klub setelah gagal membawa mereka lolos ke Liga Champions.

Meskipun begitu, prestasi Gattuso di Milan sebenarnya tidak terlalu buruk. Ia menukangi Rossoneri dalam 61 pertandingan Serie A dengan torehan 30 kemenangan, 19 hasil imbang, dan hanya 12 kali kalah.

Selama satu setengah musim berada di San Siro, Gattuso membawa klub finis keenam dan kelima dalam dua kesempatan di musim yang berbeda. Setelah meninggalkan Milan, mantan gelandang timnas Italia itu belum menangani klub manapun.

Luciano Spalletti

Luciano Spalletti sekarang sedang tidak punya klub. Pelatih berkepala plontos itu tengah menganggur setelah dipecat Inter Milan pada akhir musim lalu.

Spalletti menukangi Inter selama dua musim sejak diangkat pada tahun 2017. Ia berhasil membawa klub finis posisi empat di Serie A selama dua musim beruntun.

Meskipun begitu, manajemen Inter tidak puas dengan kinerja mantan Arsitek AS Roma di Giuseppe Meazza. Spalletti akhirnya dicopot dan digantikan oleh Antonio Conte.

Claudio Ranieri

Claudio Ranieri merupakan sosok pelatih yang berpengalaman. Ia pernah menukangi banyak klub-klub Eropa seperti Chelsea, Juventus, Inter Milan, Valencia, Fiorentina dan AS Roma.

Namun, prestasi terbesar Ranieri tercipta pada musim 2015/16. Ia berhasil mencetak sejarah dengan membawa Leicester City meraih gelar Premier League.

Pelatih berusia 67 tahun tersebut sejatinya berhasil membawa Roma bangkit menjelang akhir musim lalu. Namun, Roma akhirnya memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Ranieri.

Andriy Shevchenko

Andriy Shevchenko kabarnya sedang dipertimbangkan AC Milan untuk menjadi pengganti Marco Giampaolo. Kabarnya, mereka bahkan sudah mulai melakukan pendekatan dengan Shevchenko.

Shevchenko sudah jelas bukan sosok yang asing bagi Rossoneri. Ia pernah bermain untuk klub selama dua periode, yakni musim 2000-2006 serta pada musim 2008-2009.

Mantan pemain Chelsea itu sekarang berstatus sebagai pelatih timnas Ukraina. Namun, ia punya catatan yang bagus saat menukangi negeri pecahan Uni Sovyet tersebut.

To Top