👍 Sepakbola Italia

Liga Italia Serie A Uji Coba Sistem Video Tayangan Ulang Untuk Wasit

indolivescore.com – Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah mengumumkan bahwa Liga Serie A akan menjadi tempat uji coba buat penggunaan video tayangan ulang bagi wasit yang akan dimulai pada musim depan.

Sementara Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) pada bulan lalu setuju untuk menguji sistem penggunaan video yang dapat membantu wasit tersebut selama dua musim.

“FIGC telah dipilih, bersama dengan federasi lainnya, untuk menguji penggunaan sistem VAR (Video Asisten Wasit),” ujar badan sepak bola Italia itu, dalam sebuah pernyataan.

Untuk mencapai tujuan ini, Presiden FIGC, Carlo Tavecchio akan mengadakan pertemuan dengan Liga Serie A, Serie B dan Lega Pro untuk menyampaikan semua persyaratan teknis dan operasional yang diperlukan untuk dimulainya uji coba tersebut di musim depan.

“Tujuannya adalah untuk mencapai kesepakatan pada pertemuan berikutnya, yang dijadwalkan Mei, dengan formalisasi komitmen sesuai dengan protokol yang disusun bersama-sama dengan IFAB dan FIFA,” lanjut pernyataan itu.


FIGC menjelaskan bahwa proyek yang akan disampaikan akan dibagi menjadi dua tahap, pertama secara “offline” untuk musim 2016/17, dan yang kedua secara “live“, yang kemungkinan dipakai untuk musim 2017/18.

Tavecchio sendiri bereaksi positif terhadap hal ini dan menyatakan bahwa pihaknya berada di garis depan untuk mendukung penggunaan teknologi video di lapangan.

“Kami percaya, kami memiliki semua persyaratan untuk menawarkan kontribusi kami dalam uji coba penting ini,” jelas dia.

“Dengan adanya ketidakstabilan dalam pertandingan dan otoritas wasit, ini akan meningkatkan seluruh sistem, seperti yang telah diperlihatkan oleh pengenalan Teknologi Garis Gawang,” tutup Tavecchio.

To Top