Euro 2020

Kualifikasi Piala Eropa: Italia vs Yunani, Spanyol vs Norwegia

Pertandingan ketujuh Kualifikasi Piala Eropa 2020 menyisakan delapan pertandingan yang bakal tersaji. Adapun dua laga yang jadi sorotan adalah Spanyol bertandang ke markas Norwegia dan Italia menjamu Yunani. Keduanya bakal berlangsung pada pukul 01.45 WIB, Minggu (13/10).

Setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu, kalah dari Swedia di leg kedua babak kualifikasi, Timnas Italia memecat Giampiero Ventura dan merekrut Roberto Mancini. Sejak itu Gli Azzuri pun mulai berbenah.

Beberapa nama senior seperti Gianluigi Buffon dan Daniele De Rossi memutuskan pensiun, kemudian bintang muda di antaranya Gianluigi Donnarumma, Nicolo Barella, dan Federico Chiesa dipercaya menopang tim.

Hasilnya, bersama Mancini perlahan Timnas Italia bangkit dari keterpurukan. Dari total 15 laga, Italia sukses mengemas sembilan kemenangan, termasuk tujuh kali secara beruntun, kemudian imbang empat kali, dan hanya dua kali takluk.

Kini, di babak Kualifikasi Piala Eropa 2020, Timnas Italia jadi salah satu tim yang sukses mempertahankan rekor 100 persen kemenangan, mencetak 18 gol, dan hanya kebobolan tiga kali di enam pertandingan.


Lini tengah kemudian jadi kekuatan utama Timnas Italia. Punya Marco Verratti dan Jorginho yang jadi nyawa permainan di lini tengah, Gli Azzurri tampil solid dalam melakukan pertahanan maupun saat menyerang.

Bakal menjamu Yunani di Stadion Olimpico, Leonardo Bonucci dan kolega diunggulkan untuk mempertahankan rekor selalu menang. Meski begitu, Italia tetap tak boleh meremehkan ‘Ethniki’.

Berstatus sebagai kuda hitam, Yunani kini baru memperoleh lima poin dari enam pertandingan. Meski peluang untuk lolos semakin kecil, skuad arahan Angelos Anastasiadis masih ada harapan bila bisa memenangi keseluruhan laga sisa. Karena itu, tim tamu tentu bakal berjuang mati-matian.

Spanyol vs Norwegia

Sementara Spanyol bakal terbang ke Norwegia untuk menghadapi tuan rumah di Stadion Ullevaal, Oslo. Kedua tim butuh hasil maksimal; Spanyol untuk memastikan tiket lolos ke Piala Eropa, sedangkan Norwegia demi menjaga asa untuk finis di peringkat dua.

Seperti yang diketahui, rekor sempurna ditorehkan Spanyol selama babak Kualifikasi Piala Eropa. Enam pertandingan, keenamnya sukses berbuah tiga poin, membuat skuad arahan Roberto Moreno memuncaki klasemen dengan koleksi 18 poin.

Sempat kembali stabil bersama Luis Enrique, menyusul hasil mengecewakan di Piala Dunia 2018, kepelatihan kemudian harus berganti. Enrique memutuskan mundur lantaran adanya urusan keluarga, tapi pergantian kepada Moreno tak membuat performa Sergio Ramos dan kolega menurun.

Menghadapi Norwegia di kandang, Spanyol tetap jadi tim yang lebih diunggulkan. Rekor pertemuan pun berbicara, dengan Spanyol hanya kalah sekali di tujuh pertemuan terakhir lawan Norwegia.

Meski begitu, Norwegia jelas tak bisa diremehkan. Saat ini menempati peringkat empat, tim besutan Lars Lagerback hanya selisih dua angka dari tempat kedua. Kekalahan bakal mengubur kans untuk lolos ke Piala Eropa. Karena itu, kemenangan jadi target.

Bermain di depan publik sendiri, Norwegia tentu bakal tampil dengan motivasi tinggi. Adapun Joshua King jadi sosok yang harus diwaspadai tim tamu. Terlebih penyerang Bournemouth tersebut sukses mencetak gol di pertemuan pertama lawan Spanyol.

To Top