👍 Liga Indonesia

Klub Andik Vermansah Mundur Dari Liga Malaysia, Apa yang Terjadi?

Klub Andik Vermansah di liga Malaysia, Selangor FA, mempertimbangkan untuk mundur dari kompetisi musim 2017. Hal itu berkaitan dengan keuangan klub. Hingga saat ini Selangor belum memiliki dana cukup untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Seperti disampaikan Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Selangor (FAS) sebagai pengelola Selangor FA, Datuk Mokhtar Ahmad, langkah mundur saat ini jadi pertimbangan dan bahkan langkah akhir yang akan ditempuh seandainya klub berjulukan The Red Giants ini tidak mendapatkan dana setidak-tidaknya 15 juta ringgit (sekitar Rp 45,1 miliar) untuk mengarungi kompetisi musim 2017.

Saat ini Selangor masih menanti keputusan terkait pengajuan anggaran kepada Presiden FAS, Datuk Seri Mohamed Azmin Ali, yang juga Menteri Besar Selangor (semacam gubernur di Malaysia).

“Kami sudah menyerahkan proposal dan rencana bujet kepada Presiden FAS dan saat ini kabarnya masih dipertimbangkan. Kami sudah menurunkan anggaran jadi 15 juta ringgit dari semula 23 juta ringgit. Jumlah itu sudah termasuk Selangor U-21 yang berkompetisi di Piala Presiden,” ujar Datuk Mokhtar Ahmad, dikutip dari Harian Metro, Rabu (21/12/2016).

“Mungkin kami akan tahu keputusannya pertengahan atau akhir Januari dan setelah itu baru kami mengambil langkah menarik diri atau tidak (dari kompetisi). Kejadian seperti ini baru kali ini terjadi sepanjang 80 tahun Selangor,” imbuh Datuk Mokhtar Ahmad.


Datuk Mokhtar Ahmad berharap FAS tidak sampai mengambil keputusan mundur karena sang presiden sebelumnya sudah berujar akan tetap membantu Selangor FA, hanya jumlah yang akan diberikan yang masih belum diketahui.

Krisis keuangan di Selangor ini muncul setelah kerajaan negeri (pemerintah provinsi) membuat keputusan tidak memberikan dana kepada klub untuk tahun depan.

Kondisi keuangan ini diperparah dengan keputusan hengkang yang diambil sejumlah pemain pilar. Hingga saat ini sudah delapan pemain musim lalu yang hijrah. Tercatat saat ini Selangor FA hanya dihuni 18 pemain termasuk tujuh di antara pemain Selangor U-21.

Andik Vermansah jadi satu-satunya pemain asing yang dipertahankan menyusul kontrak Patrick Ronaldinho Wleh, Mauro Olvi, dan Ugo Ukah tidak diperpanjang.

Selain Selangor FA, opsi mundur dari kompetisi 2017 juga diapungkan dua kontestan Malaysia Super League, yakni Kelantan FA dan Perlis FA. Alasan keduanya juga sama, yakni didera persoalan keuangan.

To Top