Update

Kandidat peraih sepatu emas Piala Eropa/Euro 2016

Gareth Bale Diprediksi Raih Sepatu Emas Euro 2016

indolivescore.com – Bintang Wales, Gareth Bale, berpeluang membuktikan diri sebagai salah satu permain terbaik di ajang Piala Eropa 2016. Winger 26 tahun itu menjadi pilar kunci sukses Wales lolos ke perempatfinal dan menjadi yang terdepan dalam perburuan trofi sepatu emas.

Bale sudah menyumbangkan tiga gol dan satu assist dalam empat pertandingan sejauh ini. Seluruh gol bintang Real Madrid tersebut dikemas di babak grup. Sedangkan assist dibuat Bale dalam kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara di babak perdelapanfinal, Sabtu (25/6/2016) malam WIB.

Bale berperan dalam lahirnya gol kemenangan atas Irlandia Utara yang lahir dari aksi bunuh diri gelandang lawan, Gareth McAuley. Sebagaimana dikutip dari laman resmi Badan Sepak Bola Eropa (UEFA), Minggu (26/6), raihan assist membuat Bale lebih unggul dibandingkan striker Spanyol, Alvaro Morata, yang juga telah mencetak tiga gol.

Sumbangan assist diperhitungkan untuk menentukan pemain terdepan di antara kandidat peraih sepatu emas yang memiliki koleksi gol sama. Bila jumlah gol dan assist dua orang pemain masih sama, UEFA akan melihat menit bermain dengan yang paling sedikit lebih berhak merebut trofi sepatu emas.

Raihan tiga gol Bale dan Morata membuat dua pemain tersebut menyamai torehan Fernando Torres (Spanyol) ketika merebut sepatu emas di pentas Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukraina.


Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, berada di urutan ketiga daftar kandidat peraih sepatu emas dengan  sumbangan dua gol dan dua assist. Kontribusi terakhir diberikan rekan satu tim Bale di Madrid itu dalam kemenangan 1-0 atas Kroasia di perdelapanfinal, Minggu (26/6/2016) dini hari WIB.

Melengkapi daftar lima besar adalah gelandang Prancis, Dimitri Payet, dan penyerang Kroasia, Ivan Perisic. Keduanya sama-sama mencatat dua gol dan satu assist.

Kandidat peraih sepatu emas
1. Gareth Bale (Wales)
Gol: 3, assist: 1, Menit Bermain: 353 menit
2. Alvaro Morata (Spanyol)
Gol: 3, assist: 0, Menit bermain: 219 menit
3. Cristiano Ronaldo (Portugal)
Gol: 2, assist: 2, Menit bermain: 390 menit
4. Dimitri Payet (Prancis)
Gol: 2, assist: 1, Menit Bermain: 207 menit
5. Ivan Perisic (Kroasia)
Gol: 2, assist: 1, Menit bermain: 387 menit
6. Jakub B?aszczykowski (Polandia)
Gol: 2, assist: 1, Menit Bermain: 325 menit
7. Romelu Lukaku (Belgia)
Gol: 2, assist: 0, menit bermain: 243 menit
8. Nani (Portugal)
Gol: 2, assist: 0, menit bermain: 380 menit
9. Bogdan Stancu (Rumania)
Gol: 2, assist: 0, menit bermain: 264 menit
10. Balazs Dzsudzsak (Hungaria)
Gol: 2, assist: 0, menit bermain: 270 menit

To Top