Update

🌟 Jadwal Sahur Terbaru Bulan Suci Ramadhan 2015

www.indolivescore.com – Setelah menahan dahaga lapar dan haus selama hampir setengah hari pada saat menjalankan ibadah puasa, terkadang kita bingung untuk menentukan pilihan makanan yang akan disantap ketika waktu berbuka ataupun sahur. Biasanya di siang hari dalam benak kita terpikir untuk melahap makanan dan minuman yang “dipikabitaeun”.

Namun hati-hati dalam memilih makanan saat berbuka dan sahur. Umumnya pada bulan puasa badan akan lemas karena kurangnya gizi dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu pilihlah makanan yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik agar kondisi tubuh tetap sehat selama bulan puasa.

Nah berikut ini ada beberapa tips menu makanan sehat di bulan puasa, mari kita simak bersama.

Saat Santap Sahur:

1. Pada saat sahur utamakanlah air, vitamin dan elektrolit. Minumnlah air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak air atau jus buah alami tanpa tambahan gula. Atau dapat juga meminum air kelapa. Air kelapa ini lebih baik diminum terlebih dahulu sebelum meminum air putih. Sifat elektrolit yang terdapat di air kelapa akan membuat kita masih merasa haus, setelah itu baru dilanjutkan dengan air putih. Ketika kita tidur, tubuh kita akan kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.


2. Agar bisa menahan rasa lapar, pilihlah makanan yang memiliki banyak serat yang terdapat pada sayur dan buah. Dengan begini, tubuh kita akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan yang mengandung banyak serat, sehingga tidak akan mudah merasakan lapar. Selain itu juga serat bisa menjadi “sapu alami” yang membantu membersihkan sisa daging di sela-sela usus.

3. Jika mengkonsumsi masakan yang digoreng, sebaiknya gunakanlah minyak zaitun atau bisa juga menggunakan minyak kelapa. Karena lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar.

4. Bagi anda yang memiliki penyakit lambung, sebaiknya hindarilah makanan dengan bahan ketan, mie, daging berlemak, sayuran mentah, minuman yang bersoda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asa). Karena hidangan tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung.

5. Setelah makan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang baru dimakan. Sambil menunggu proses pencernaan, mungkin waktu subuh anda bisa digunakan untuk melakukan ibadah tadarus Quran.

Saat Berbuka:

1. Pada saat berbuka, awali buka puasa anda dengan makanan atau minuman yang hangat dan manis seperti kurma, teh manis hangat, kolak, ataupun minum minuman manis lainnya. Ini penting untuk menormalkan kadar gula dalam tubuh kita.

2. Jangan langsung minum es atau air dingin, karena perut yang kosong bisa menjadi kembung dan asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

3. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak “kaget”. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Selain itu, kunyahlah makanan yang dimakan sampai terasa lembut. Hal ini dilakukan untuk meringankan kerja pencernaan.

4. Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya. Selain itu, hindari juga makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tart, dan es krim. Perbanyaklah mengkonsumsi sayur, buah dan daging tanpa lemak. Serta hindari juga makanan yang digoreng.

5. Sedangkan bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya perbanyak mengkonsumsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Puasa lancar, tubuh tetap sehat.

To Top