Inilah Daftar Klub Liga Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

👍 Sepakbola Inggris

Inilah Daftar Klub Liga Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

indolivescore.com – Delapan klub berhasil mewakili Inggris untuk ikut berkompetisi di kanca Eropa musim depan. Manchester City merebut jatah terakhir Inggris di Liga Champions. Untuk yang lolos ke Liga Europa, siapa saja yang dapat tiketnya masih harus menunggu laga final Piala FA.

Sebelum pekan 38 Premier League digelar secara serentak pada Minggu (15/4/2016) malam tadi, baru tiga klub yang memiliki kepastian berlaga di kompetisi Eropa musim depan. Mereka adalah Leicester City (juara), Arsenal (posisi tiga namun kemudian naik ke dua) dan Tottenham Hotspur (runner up yang kini ada di posisi tiga).

Satu tiket Liga Champions tersisa diperebutkan oleh Manchester City dan Manchester United. Namun karena keunggulan poin yang dipunya dan keunggulan selisih gol yang sangat jauh, The Citizens cuma butuh hasil imbang saat berhadapan dengan Swansea City. Dan itulah yang kemudian terjadi, Sergio Aguero dkk meraih hasil 1-1 untuk memastikan partisipasi mereka di Liga Champions musim depan.

Sementara itu Manchester United belum melakoni pertandingannya dengan Bournemouth, laga tersebut ditunda karena alasan keamanan menyusul ditemukannya benda mencurigakan di Old Trafford. Belum bertanding, The Red Devils turun dari posisi lima ke urutan enam dengan poin 63. Nilai MU sama dengan yang dipunya Southampton (posisi lima), usai malam tadi menggilas Crystal Palace 4-1.

MU tentu saja masih mungkin naik ke posisi lima klasemen kalau mereka bisa meraih kemenangan di laga tunda menghadapi Bournemouth.

Baik MU maupun Soton sudah dipastikan lolos ke Liga Europa musim depan. Jika posisi lima klasemen mendapatkan tiket secara otomatis, maka posisi enam mendapatkan hak main di Liga Europa karena merupakan alokasi dari juara Piala Liga Inggris. Manchester City adalah juara kompetisi tersebut, namun mereka dipastikan main di Liga Champions karena finis di empat besar.

Inggris masih punya satu jatah di Liga Europa melalui pemenang Piala FA, yang finalnya mempertemukan MU dengan Crystal Palace, Sabtu (21/5/2016) mendatang. Jika MU yang menang, maka satu jatah terakhir Liga Europa akan menjadi milik penghuni posisi tujuh klasemen (West Ham United), itu terjadi karena MU sudah memastikan lolos ke kompetisi tersebut melalui posisi mereka di klasemen (5 atau 6).

Tapi jika Palace yang menang, maka otomatis merekalah yang lolos.

Selain Leicester, Arsenal, Tottenham, dan City, Premier League juga masih punya peluang menambah satu lagi wakilnya di Liga Champions. Itu akan terjadi andai Liverpool bisa menjuarai Liga Europa dalam laga dengan Sevilla, Kamis (19/5/2016) dinihari WIB. Sejak tahun lalu UEFA menerapkan aturan baru bahwa juara Liga Europa akan lolos ke Liga Champions di musim selanjutnya.

Wakil Inggris di Liga Europa

Liga Champions
1. Leicester City (juara)
2. Arsenal (runner up)
3. Tottenham Hotspur (posisi tiga)
4. Manchester City (posisi empat)

Wakil Inggris di Liga Europa
1. Southampton (posisi lima atau enam)
2. Manchester United (posisi enam atau lima)
3. Crystal Palace (JIKA juara Piala FA) ATAU West Ham United (JIKA MU menjuarai Piala FA)

Peluang Lolos ke Liga Champions
Liverpool (JIKA menjuarai Liga Europa)

Komentar
To Top