👍 Sepakbola Inggris

Hasil Pertandingan Bola Inggris – Chelsea 1 vs 0 Manchester United

www.indolivescore.com – Chelsea MematikanMU Tumbang

Pemimpin klasemen Chelsea mengincar kemenangan saat menjamu peringkat tiga Manchester United dalam lanjutan kompetisi Premier League 2014/15, Sabtu (18/4). Misi The Blues tercapai dan tiga angka pun diamankan. MU, yang selalu menang dalam enam laga terakhirnya sebelum ini, tumbang 0-1 dan dipaksa pulang dengan tangan hampa.

Chelsea kalah penguasaan bola, tapi sukses mengemas poin maksimal berkat finishing yang lebih mematikan. Gol tunggal Chelsea dicetak oleh Eden Hazard memanfaatkan operan brilian Oscar di menit 38. Menang, Chelsea makin perkasa di puncak.

Chelsea kehilangan Loic Remy dan Diego Costa yang cedera. Sang manajer Jose Mourinho memasang Didier Drogba sebagai striker tunggal dengan dukungan trio Hazard, Cesc Fabregas dan Oscar di belakangnya.

Sementara itu, di kubu MU, Louis van Gaal tak bisa menurunkan Daley Blind (skorsing), Jonny Evans (skorsing) dan Phil Jones (cedera). Michael Carrick juga absen. Falcao, yang jarang jadi starter, dimainkan sejak menit awal, sedangkan Wayne Rooney bermain lebih dalam bersama Marouane Fellaini.  Ashley Young dan Juan Mata tetap diandalkan di sayap, sementara Angel Di Maria dan Robin van Persie duduk di bangku cadangan.


Babak pertama berjalan cukup di luar dugaan. Mourinho sepertinya memberi instruksi agar pasukannya membebaskan MU menguasai bola. Namun, MU tidak dibiarkan begitu saja masuk ke zona berbahaya. Hasilnya, MU mendominasi paruh pertama dengan ball possessionmencapai 70%.

MU sempat mengancam melalui tembakan Rooney, Luke Shaw dan Ander Herrera, tapi semuanya melenceng dari sasaran. Falcao, yang diandalkan di barisan depan, justru tak melepas satu pun tembakan. Kesulitan menyentuh gawang Chelsea, MU jadi lengah dan dipaksa membayar mahal di menit 38.

Diawali operan back heel Oscar, Hazard melesat menjemput bola, mendribel masuk dari sisi kiri dan menuntaskannya dengan tendangan yang melewati celah kaki David De Gea. Chelsea memimpin lewat shot on target pertama mereka. Didahului sedikit ketegangan antara Falcao dan John Terry, babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Setelah jeda, tempo laga meningkat dan Chelsea mulai lebih keluar menyerang. Chelsea bahkan mendapatkan peluang emas lewat Drogba, tapi tendangan lob striker veteran itu gagal menemui sasaran. Follow upakrobatik Hazard pun cuma menerpa mistar. MU lalu ganti menyengat. Namun, tembakan Luke Shaw, Patrick McNair, Juan Mata dan Falcao belum bisa membuahkan hasil maksimal.

Memasuki menit 70, kedua manajer melakukan sedikit perubahan strategi. Mourinho menarik Oscar keluar dan memasukkan Ramires yang lebih bugar serta lebih kuat dalam bertahan. Sementara itu, setelah tembakan luar kotak Rooney dinetralisir oleh Courtois, van Gaal mengeluarkan Young dan Mata. Manajer asal Belanda tersebut lalu menyuntikkan kereativitas pada timnya dengan memasukkan Adnan Januzaj dan Di Maria.

Serangan MU tetap gencar. Falcao bahkan mendapatkan satu peluang emas setelah sukses melewati Kurt Zouma dan masuk ke dalam wilayah berbahaya. Namun, tembakan El Tigre cuma menghantam mistar.

MU makin meningkatkan intensitas serangan, sedangkan Chelsea bermain cerdas dengan memperlambat tempo setiap kali mendapatkan bola. Hingga habis waktu normal, Chelsea masih tetap unggul atas Setan Merah. Di masa injury time, Mourinho menggunakan jatah dua pergantian yang tersisa.

Mourinho memasukkan John Obi Mikel dan Willian untuk mengganti Fabregas serta Hazard, yang beberapa saat sebelumnya sempat terkapar usai belakang kepalanya terkena lutut Smalling. MU mulai kehabisan akal.

Suasana memanas di penghujung laga. Dalam satu percobaan serangan terakhir, Herrera terjatuh di dalam area terlarang menyusul kontak dengan Gary Cahill. Namun, wasit Mike Dean menilai Herrera sengaja mengaitkan kakinya dan mengganjar gelandang MU itu kartu kuning akibat diving.

Tak lama berselang, peluit panjang dibunyikan dan Chelsea sukses mengemas tiga angka serta tetap nyaman berdiri di posisi teratas. Gelar juara pun semakin dekat.

Chelsea (4-2-3-1): Courtois; Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic (kuning 57); Matic, Zouma; Hazard (Willian 90), Fabregas (Mikel 90), Oscar (kuning 63) (Ramires 67); Drogba (kuning 54).

MU (4-1-4-1): De Gea; Shaw (Blackett 80), McNair, Smalling, Valencia; Herrera (kuning 90); Young (Di Maria 70), Fellaini, Rooney, Mata (Januzaj 70); Falcao.

Statistik Chelsea – MU
Ball possession: 30% – 70%
Shots: 7 – 15
Shots on target: 2 – 2
Offsides: 2 – 3
Corners: 3 – 7
Throw ins: 9 – 23
Pelanggaran: 13 – 11
Kartu kuning: 3 – 1
Kartu merah 0 – 0.

To Top