👍 Sepakbola Inggris

Haruskah United Memulangkan Cristiano Ronaldo?

indolivescore.com – Spekulasi masa depan mega bintang Cristiano Ronaldosedikit banyak mulai menemui titik terang. Beberapa waktu yang lalu, Ronaldo menepis kabar yang menyebut bahwa ia akan pensiun di Real Madrid dan menyebut ia akan menghabiskan sisa kontraknya di Santiago Bernabeu pada tahun 2018 nanti sebelum memutuskan untuk pindah di akhir kontraknya nanti.

Dengan pernyataan resmi dari sang pemain, tentu membuka kembali harapan fans melihat Ronaldo kembali mengenakan seragam merah Manchester United. Pasalnya hingga hari ini masih banyak fans MU yang belum ‘move on’ dari kepindahan Ronaldo pada tahun 2009 silam. Memang tidak bisa dipungkiri sosok Ronaldo sudah menjadi pujaan di Old Trafford selama ia 6 tahun berkarir di Inggris. Ronaldo sendiri juga beberapa kali mengungkapkan bahwa Manchester United merupakan klub yang spesial bagi dirinya, dan ia juga mempertimbangkan untuk kembali ke Old Trafford suatu saat nanti sebagai pemain United. Namun pertanyaannya adalah, haruskah manajemen MU memulangkan Ronaldo pada tahun 2018 nanti?

Perlu disadari oleh para fans MU bahwa Ronaldo perlahan tapi pasti sudah mulai meninggalkan masa emasnya. Pada tanggal 5 Februari yang lalu, Ronaldo baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 31. Menurut teori-teori yang berkembang di dunia sepakbola, disebutkan bahwa periode emas seorang pesepakbola berlangsung pada akhir usia 20’an dan performa mereka mulai menurun ketika menginjak kepala tiga.

Hal ini juga berlaku kepada Ronaldo. Sadar atau tidak, musim ini ada banyak penurunan performa yang cukup signifikan pada pemain termahal di dunia tersebut. Indikator paling sederhana bisa kita lihat pada jumlah gol dan assist yang ia ciptakan musim ini. Tercatat Ronaldo baru membuat 19 gol dan 7 assist di La Liga musim ini.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada musim beberapa musim yang lalu, terlihat jelas ada penurunan pada performa Ronaldo. Di musim 2012/2013 misalnya, hingga pekan ke 23 La Liga, CR7 sukses membuat total 24 gol dan 4 assist. Pada musim 2013/2014 Pada musim 2013/2014 sedikit menurun menjadi 22 gol dan 6 assist, dan puncak performa Ronaldo terjadi di musim lalu. Pada jornada ke 23 musim 2014/2015 Ronaldo tercatat membuat total 28 gol dan 10 assist bagi Los Blancos.


Tren penurunan performa Ronaldo nampaknya tidak akan berhenti sampai musim ini saja. Pada tahun 2018 nanti bisa dibayangkan seberapa merosotnya performa pemain yang sempat menyandang predikat sebagai pemain terbaik dunia tersebut. Jika tetap dipaksakan, Ronaldo bisa saja tetap membela MU pada tahun 2018 nanti, namun pertanyaan lanjutannya adalah mau ditaruh di mana CR7 di skuad United tahun 2018 nanti?

Dengan posisi naturalnya sebagai seorang Winger Kiri, pada tahun 2018 nanti nampaknya akan susah bagi Ronaldo untuk mendapat posisi favoritnya tersebut. Pasalnya saat ini ada dua pemain muda berbakat yang menempati posisi itu, yaitu Anthony Martial dan Memphis Depay.

Memphis Depay memang tengah kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya bersama MU, namun dalam jangka waktu dua tahun rasa-rasanya Winger Timnas Belanda tersebut bisa mulai menyesuaikan gaya bermainnya yang cenderung egois dengan gaya bermain United. Belum lagi Anthony Martial yang tampil cemerlang di posisi Winger Kiri selama beberapa bulan terakhir. Bisa dibayangkan dalam jangka waktu dua tahun kedepan, mungkin Martial bisa bertransformasi menjadi Ronaldo baru di kubu Old Trafford tersebut.

Sekarang bagaimana pendapat anda Bolaneters? Haruskan United tetap memaksa diri untuk memulangkan Ronaldo pada tahun 2018 nanti? Ataukah United harus memberi kesempatan lebih kepada Depay dan Martial untuk menjadi bintang baru di Old Trafford? Sampaikan pendapat anda pada kolom komentar.

To Top