👍 Sepakbola Spanyol

Hanya Masalah Waktu Sebelum Messi Raih Ballon D’Or Ke Limanya

indolivescore.com – Tanggal 11 Januari 2016 menjadi hari yang ditunggu-tunggu bagi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar. Pasalnya pada hari itu FIFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola di Dunia akan menggelarGala Dinner untuk mengumumkan siapa yang akan mendapat predikat sebagai pemain terbaik di Dunia tahun 2015 bertajuk penghargaan FIFA Ballon d’Or.

Nama Messi, Neymar, dan Ronaldo keluar sebagai tiga nominasi peraih Ballon d’Or tahun 2015, setelah mereka lolos dari penjaringan 23 Nama Pemain yang dianggap sebagai pemain yang memberikan kontribusi luar biasa bagi Sepakbola di tahun 2016.

Munculnya nama Ronaldo dan Messi pada tiga besar Ballon d’Or tahun ini bukanlah sebuah kejutan yang besar. Pasalnya kedua nama ini langganan masuk nominasi Ballon d’Or selama beberapa tahun belakangan. Nama Neymar yang cukup menjadi kejutan sebagai finalis Ballon D’Or musim ini, di mana ini merupakan pertama kalinya Kapten Timnas Brazil ini masuk dalam nominasi tiga besar pemain terbaik dunia.

Seperti judul yang tertera diatas, Gala Dinner FIFA pada tahun ini sebenarnya hanyalah sebuah ajang formalitas sebelum Lionel Messi meraih trofi Ballon d’Or kelimanya. Ada beberapa aspek yang membuatLa Pulga tidak tersaingi baik Neymar maupun Ronaldo dalam pemilihan pemain terbaik se jagad tahun 2015 ini.

Aspek pertama adalah masalah trofi. Di tahun 2015, Ronaldo tidak bisa mempersembahkan satupun trofi bagi Real Madrid maupun TimnasPortugal. Prestasi terbaiknya adalah mendapat penghargaan sepatu Emas UEFA musim 2014/2015 setelah menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa pada musim tersebut.


Hal ini kontras dengan prestasi yang ditunjukkan Lionel Messi dan Neymar. Keduanya sukses mempersembahkan Treble Winner bagiBarcelona di tahun ini setelah mereka sukses memenangkan gelar La Liga, Copa Del Rey dan Liga Champion. Mereka juga membantu Barca memenangkan UEFA Super Cup dan Piala Dunia antar klub kendati keduanya baru bermain di babak final melawan wakil Amerika Selatan,River Plate.

Secara catatan gol di tahun 2015, Messi dan Ronaldo sama-sama mengoleksi 48 gol di semua kompetisi, sedangkan Neymar hanya mencetak 45 gol. Namun satu aspek yang membuat Messi lebih superior daripada kedua rivalnya tersebut adalah jumlah assist yang ia catatkan. Messi tercatat membuat 24 assist selama tahun 2015 sedangkan Ronaldo hanya membuat 14 dan Neymar di peringkat ketiga dengan 13 assist.

Memang peluang Ronaldo untuk mendapatkan trofi Ballon d’Or belumlah tertutup sepenuhnya. Hal ini dikarenakan pemenang Ballon d’Or akan ditentukan dari hasil voting yang diberikan oleh Pelatih dan Kapten Tim Nasional yang tergabung dalam FIFA, serta perwakilan seorang Jurnalis dari masing-masing negara anggota FIFA.

Dalam suatu kesempatan, Ronaldo sudah mengakui bahwa sulit baginya untuk meraih Ballon d’Or ke empatnya tahun ini, mengingat prestasi luar biasa yang ditunjukkan Messi selama tahun 2015. Dengan pengakuan Ronaldo tersebut, sepertinya Ballon d’Or tahun ini sudah hampir dipastikan menjadi milik Messi

To Top