👍 Sepakbola Inggris

Hanya Conte yang Berhasil Merevolusi Premier League Inggris

Mantan bek Arsenal Martin Keown menyebut Antonio Conte telah berhasil merevolusi sepakbola Inggris dengan taktiknya yang brilian di pentas Premier League musim ini.

Conte didatangkan oleh Chelsea pada musim panas 2016 kemarin. Awalnya ia berencana menggunakan taktik dengan skema empat bek di belakang. Namun hal itu malah membuatnya mengalami kesulitan.

Pada akhirnya, setelah melakoni berbagai perhitungan, Conte menerapkan formasi yang tidak lazim digunakan di Inggris khususnya di pentas Premier League, 3-4-3. Hasilnya? Sukses besar.

Performa Eden Hazard cs meroket. Tak cuma berhasil membangkitkan performa para pemain bintangnya, ia berhasil menemukan keseimbangan yang tepat antara menyerang dan bertahan. The Blues jadi sangat tangguh di belakang dan tajam di depan.

Skema racikan Conte itu akhirnya banyak ditiru, tak cuma di dalam namun juga di luar Inggris. Bahkan timnas Inggris juga ikut latah memakai taktik tersebut.
Keown pun mengaku sangat terkesan dengan manajer asal Italia tersebut.


“Seperti orang lain, saya terkesan oleh Antonio Conte, dan betapa ia begitu memberikan dampak pada sepak bola Inggris dengan taktiknya,” tutur Keown seperti dikutip Metro.

“Semua orang tampaknya ikut memainkan tiga bek di lini belakang sekarang, termasuk Inggris melawan Jerman pekan lalu,” sambungnya.

“Ia melebarkan kosakata sepakbola Inggris, secara taktis. Conte memainkan tiga bek di belakang pada musim panas lalu dengan timnas Italia, tetapi telah berhasil memberikan sedikit variasi di Chelsea dan masih berhasil mendapatkan keseimbangan yang tepat antara serangan dan pertahanan. Yang telah menjadi kunci bagi mereka untuk mendominasi Premier League seperti yang telah mereka lakukan kini,” tandasnya.

To Top