Grup Neraka Terjadi di Babak 16 Besar Euro 2016

Uncategorized

Grup Neraka Terjadi di Babak 16 Besar Euro 2016

indolivescore.com – Kegagalan Spanyol dan Inggris jadi juara grup membuat blok 16 besar Piala Eropa nanti menjadi timpang. Negara-negara unggulan berkumpul di blok bawah dan barisan kuda hitam ada di blok atas. Spanyol dan Inggris masuk dalam pot unggulan di Piala Eropa 2016 dan difavoritkan jadi juara grup. Namun ternyata, Spanyol dan Inggris gagal mendapatkan status tersebut.

Spanyol harus puas dengan posisi runner up usai kalah 1-2 dari Kroasia, sedangkan Inggris harus rela disalip Wales usai bermain imbang lawan Slovakia.

Kegagalan Spanyol dan Inggris membuat mereka terlempar ke blok bawah, blok tempat Jerman (juara grup C), Perancis (juara grup A), dan Italia (juara grup E) berada. Blok bawah pun serupa blok ‘Goliath’ yang diisi oleh negara-negara besar.

Barisan negara-negara kuat di blok bawah bisa bertambah banyak bila Portugal lolos ke babak 16 besar dengan status runner up grup F.

Banyaknya negara-negara besar di blok bawah membuat big match sudah tersaji di babak 16 besar. Duel Italia lawan Spanyol yang merupakan laga ulangan final Piala Eropa 2012 lalu bakal jadi duel yang paling disorot di babak kedua.

Potensi perempat final sengit pun bakal terjadi di blok bawah dengan kemungkinan adanya duel Jerman lawan Italia/Spanyol dan Perancis lawan Inggris.

Barisan Kuda Hitam di Blok Atas

Sementara tim-tim besar tengah berpikir mengatasi laga big match yang mungkin mereka hadapi secara beruntun di fase knock out, maka negara-negara kuda hitam di blok atas justru tengah berharap bisa melaju lebih jauh di turnamen ini.

Swiss, Polandia, Kroasia, dan Wales yang sudah pasti berada di blok atas saat ini tentunya memiliki peluang sama besar untuk melangkah ke partai puncak mewakili blok atas.

Kenyamanan di blok atas bakal semakin bertambah bila Hungaria atau Islandia yang mengisi slot juara grup F dan duduk di blok atas. Gambaran blok atas sebagai blok ‘David’ yang berisikan negara-negara non unggulan pun bakal semakin terasa.

Dari kejutan yang terjadi di Piala Eropa kali ini, Belgia yang sempat kalah di partai pertama lawan Italia bisa memetik keuntungan besar. Bila mampu mengamankan posisi runner up, Belgia akan dikirim ke blok atas, terhindar dari rombongan negara besar seperti yang didapatkan Italia yang justru lolos sebagai juara grup.

Komentar
To Top