👍 Berita Bola

Frank Lampard Justru Berterima Kasih pada Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti Karena Chelsea Kian Kuat

Frank Lampard sudah melakukan pekerjaan fantastis sebagai pelatih Chelsea sejauh ini. Ternyata ada peran Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti di balik keberhasilan Lampard di musim pertamanya sebagai bos The Blues.

Lampard sudah diragukan sejak awal musim. Dia baru semusim melatih Derby County, belum cukup berpengalaman. Juga, Chelsea sedang dalam kondisi buruk di tengah embargo transfer.

Biar begitu, Lampard berhasil membantah semua pandangan buruk tersebut. Performa Chelsea jauh lebih baik dari yang diduga. Mereka berhasil menembus peringkat ke-4 klasemen sementara Premier League setelah 10 pertandingan.

Lampard mengenal sejumlah pelatih sepanjang kariernya sebagai pemain Chelsea. Sejak saat itulah dia sudah mengamati dan memetik pelajaran berharga, lalu sekarang menerapkannya sendiri kepada pemain-pemainnya.


“Semuanya [mantan pelatih Chelsea], seperti yang Anda katakan, sudah membantu saya entah untuk hal buruk atau hal baik yang terjadi,” buka Lampard kepada Sky Sports.

“Ketika berkata demikian, maksud saya adalah hal-hal yang saya pikirkan sebagai pemain dan sekarang saya membawanya sebagai pelatih.”

Adapun dari sekian banyak pelatih Chelsea, Lampard mengaku mempelajari banyak hal dari Mourinho dan Chelsea. Keduanya pelatih top dengan segudang pengalaman, dia tidak bisa memilih salah satu yang lebih baik atau sebaliknya.

“Jose Mourinho jelas membawa dampak besar untuk saya ketika pertama kali datang ke Chelsea, dia membantu membangkitkan kepercayaan diri saya,. Lebih dari sekadar taktik atau teknik, dia membentuk pola pikir saya untuk berkembang,” lanjut Lampard.

“Lalu saya selalu merasa Carlo Ancelotti bisa menjadi contoh tentang bagaimana manajer bisa mendekati pemain secara personal, menjalin hubungan satu per satu. Itu penting untuk memaksimalkan kemampuan pemain.”

Lampard tidak bisa memilih, Mourinho dan Ancelotti sama pentingnya. Yang jelas, dia meniru banyak hal positif dari dua nama tersebut.

“Jadi saya cenderung banyak bicara tentang dua nama tersebut, tapi saya merasa segan mengabaikan manajer-manajer lain yang pernah saya kenal, sebab mereka memberikan dampak positif bagi saya dalam cara berbeda,” tandas Lampard.

To Top