👍 Piala Dunia

FIFA Wacanakan Peserta Piala Dunia 2018 Jadi 40 Negara

Format Peserta Piala Dunia 2018 Rusia Akan Jadi 40 Negara, 1 Grup 5 Peserta

indolivescore.com – FIFA semakin getol saja mengkampanyekan misi menggelar Piala Dunia yang diisi oleh 40 peserta. Hal ini sudah menjadi ‘janji’ presiden baru Gianni Infantino. Dalam konsepnya, penambahan peserta tidak akan mengubah format babak sistem gugur. Perubahan terjadi di babak penyisihan, karena satu grup akan diisi dengan lima tim.

Format Piala Dunia yang sekarang, terdiri dari 32 tim, mulai diterapkan sejak Prancis 1998. Banyak yang menyebut format ini sudah ideal, karena sudah pas. 32 peserta diadu di penyisihan grup, yang meloloskan juara dan runner-up tiap-tiap grup ke babak sistem gugur, yang dimulai sejak 16 besar.

Format ini dianggap lebih tepat dibandingkan format terbaru Euro. Di Euro 2016, ada 24 tim yang berlaga. Untuk menentukan 16 tim yang masuk 16 besar, juara dan runner-up grup ditambah dengan empat peringkat tiga terbaik. Tambahan itulah yang menjadi kritikan beberapa pihak, karena tim peringkat ketiga sebuah grup tidak bisa memastikan diri lolos atau tidak sebelum seluruh laga di penyisihan rampung.

Kini, FIFA ingin menambah kuota peserta Piala Dunia menjadi 40 tim. Bukan berarti akan terjadi perombakan format seperti di Euro. Tambahan 8 tim ini tidak mengganggu apa pun di babak sistem gugur. Sebaliknya, babak penyisihan akan tetap terdiri dari 8 grup, cuma dengan masing-masing grup diisi 5 tim. Dengan demikian, secara keseluruhan penyelenggaraan Piala Dunia cuma ditambah tiga hari.

Tentang penambahan peserta ini, Gianni Infantino kepada Bild menuturkan, “Demi perkembangan sepakbola, sangat penting bagi kita untuk melibatkan lebih banyak negara dan wilayah.” “Pertama kami (FIFA) akan berembug dengan segala yang terkait: pemain, klub, liga, asosiasi sepakbola, dan partner kami di FIFA. Lantas kami akan melihat opini yang bermunculan dari mereka.”


Bagi Infantino sendiri, penambahan peserta, seperti yang terjadi di Euro dan Copa America akan meningkatkan level kompetisi. Katanya, “Hampir semua laga berjalan kompeititf. Di berbagai grup yang kita ikuti hingga akhir, segalanya serba sangat seimbang.”

“Kejuaraan Eropa (Euro) dan Copa America sudah menunjukkan level dunia sepakbola yang sangat tinggi. Dan Piala Dunia menoleransi partisipasi 40 tim, karena Piala Dunia lebih dari sekadar kompetisi. Ajang itu adalah event sosial.

To Top