👍 Liga Indonesia

Deretan Pelatih yang Sudah Dipecat Dari Liga 1 Indonesia

Pentas sepak bola Indonesia sudah digulirkan lagi sejak 15 April 2017 lalu. Kompetisi yang dinamakan Liga 1 ini telah melewati pekan ketiga dan sejumlah kejadian mewarnai belantika dunia sepak bola di Tanah Air.

Dari berbagai peristiwa, kasus pemecatan pelatih menjadi yang paling ramai dibicarakan. Meski baru awal musim, beberapa tim sudah mendepak pelatihnya karena deretan hasil buruk yang terus diterima. Uniknya, pelatih-pelatih yang lengser berasal dari luar negeri dan berikut daftarnya.

1. Alfredo Vera
Pelatih yang membawa Persipura Jayapura juara di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 ini sudah dipecat sebelum laga pertama Liga 1 digulirkan. Posisinya kemudian diberikan ke Liestiadi, eks pelatih Persegres Gresik United.

Keputusan ini cukup mengejutkan sebab Vera dipecat hanya sehari sebelum Persipura menghadapi Persegres, 18 April 2017 lalu. Kabarnya lisensi kepelatihan Vera dipermasalahkan oleh PSSI. Namun hal itu dibantah Persipura dan sejauh ini belum dijelaskan secara pasti alasan pemecatan tersebut.

2. Hans-Peter Schaller

Bali United mengawali Liga 1 2017 dengan hasil buruk. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu selalu menerima kekalahan dari dua laga yang dilakoninya. Berkaca dari hasil tersebut, manajemen tim langsung memecat sang pelatih, Hans-Peter Schaller.

Sebagai gantinya, Bali United menunjuk Eko Purjianto sebagai pelatih sementara. Di tangannya, Bali United dapat memenangkan laga kontra Persela Lamongan. Tampil di Stadion Surajaya, Bali United menang 1-0 lewat gol penalti Marcos Flores.

3. Laurent Hatton

PS TNI belum pernah kalah di Liga 1 2017. Dari tiga pertandingan, mereka menang sekali dan imbang dua kali. Tapi hasil itu dianggap kurang memuaskan. Karenanya mereka memecat Laurent Hatton dan menggantinya dengan Ivan Kolev.


Sosok Kolev sendiri dikenal akrab dengan dunia sepak bola Indonesia. Sebab pria kebangsaan Bulgaria ini pernah menangani Timnas Indonesia dari 2002-2004. Selain itu Kolev sempat membesut klub-klub Tanah Air seperti Persija Jakarta (1999), Mitra Kukar (2006), Persipura Jayapura (2007) dan Sriwijaya FC (2011).

4. Timo Scheunemann
Kasus berbeda dialami Timo Scheunemann. Pelatih yang memiliki garis keturunan Jerman ini resmi mengundurkan diri dari Persiba Balikpapan. Keputusan itu ia keluarkan usai Persiba dikalahkan Arema FC, Senin (1/5/2017) kemarin.

Di Liga 1 2017, Persiba belum sekalipun merasakan kemenangan. Tim Beruang Madu kalah tiga kali dan karenanya, Timo memilih untuk angkat kaki.

To Top