👍 Sepakbola Italia

Carpi Jadi Tim Pertama Promosi ke Serie A Musim Depan

www.indolivescore.com – Rabu (29/4) dini hari WIB, sejarah kembali tercipta di sepakbola Eropa dalam lingkup degradasi-promosi. Sehari setelah Bournemouth promosi ke Liga Primer Inggris untuk kali pertama sepanjang sejarah, Carpijuga menorehkan hal yang serupa di kompetisi Serie A Italia, sejak klub tersebut didirikan pada 1909.

Kepastian itu diraih pasukan arahan Fabrizio Castori selepas sukses menahan seri Bari 1908 di Stadio Sandro Cabassi, Emilia Romagna, lewat kedudukan imbang tanpa gol. Dengan hasil tersebut, maka kini Capri yang berada di puncak klasemen, secara de facto sudah lolos ke Seirie A musim depan, lewat koleksi 75 poin.

Dengan Serie B Italia yang tinggal menyisakan empat laga, secara matematis torehan poin tersebut memang masih mampu disamai oleh Bologna yang berada di peringkat ketiga, yang berjarak 12 poin. Namun hal tersebut jadi mustahil, karena I Rossoblu diharuskan memangkas defisit 18 gol atas Biancorossi.


Tifosi Carpi rayakan kepastian promosi klub kesayangannya ke Serie A

Tiket promosi ke Serie A sendiri didapat oleh dua tim teratas klasemen. Setelah Carpi, klub pengoleksi sebiji scudetto, Frosinone, jadi kesebelasan lain yang paling berpotensi lolos dengan kini duduk di peringkat kedua. Sementara babak play-off akan diikuti oleh tim-tim penghuni peringkat tiga hingga delapan.


Kisah Carpi sendiri jadi terlihat lebih dramatis setelah 15 tahun lalu sempat bangkrut dan harus mengubah nama mereka dari AC Carpi menjadi Carpi FC 1909. Perlahan tapi pasti, klub yang bermarkas di Stadio Sandro Cabassi — stadion yang hanya berkapasitas 4 ribu penonton — ini seperti bangkit dari kubur. Pada 2013, mereka berhasil promosi ke Serie B sebelum akhirnya musim depan mengecap debut di Serie A.

Dengan begitu Serie A 2015/16 akan dihiasi derby Emilia Romagna antara Carpi dan Sassuolo. Forza Ragazzi Carpi!

To Top