👍 Sepakbola Jerman

Bintang Yang Berpotensi Susul Jurgen Klopp Ke Liverpool

indolivescore.com – Jurgen Klopp datang, Liverpool berbenah. Diresmikannya eks bos Borussia Dortmund itu sebagai manajer anyar The Reds pada Jumat (9/10) kemarin telah menghadirkan angin segar di kubu Anfield.

Klopp dipastikan akan mengusung filosofi bermain baru, berbeda dengan pendahulunya Brendan Rodgers yang banyak dikritik lantaran tak konsisten menerapkan filosofi bermainnya. Akibatnya, seperti yang sudah diprediksi, Liverpool terjermus ke dalam zona ketidakpastian dan Rodgers harus dipaksa mengakhiri jabatannya yang sudah ia emban sejak 2012.

Kini, semua mata tertuju kepada Klopp. Pria Jerman berusia 48 tahun itu dituntut untuk melakukan revolusi taktik dan mental di skuat Liverpool. Oleh karena itu, dibutuhkan pemain yang tepat untuk merealisasikan filosofi yang diinginkan Klopp, untuk memuaskan FSG sebagai pemilik klub, dan yang terpenting adalah untuk menyenangkan hati para fans.

Berikut Goal Indonesia mengidentifikasi beberapa pemain yang punya potensi untuk diboyong Klopp ke Anfield, entah itu dalam jendela transfer Januari mendatang atau bursa transfer musim panas tahun depan.

 


NEVEN SUBOTIC Posisi: Bek tengah
Usia: 26 tahun
Banderol: £10 juta

Semua sepakat, kelemahan Liverpool terletak pada jantung pertahanan mereka. Di titik inilah Klopp pertama-tama harus mencari bek sentral anyar tangguh supaya Martin Skrtel, Mamadou Sakho, Dejan Lovren, dan Kolo Toure tidak melulu disalahkan jika gawang Simon Mignolet jebol. Mats Hummels menjadi idaman semua klub, namun target realistis terletak pada partnernya, Neven Subotic.

Bek Serbia ini bahkan gencar dikabarkan akan menjadi target pertama Klopp saat bursa transfer musim dingin dibuka. Subotic memang sudah sangat akrab dengan Klopp sebagaimana keduanya berkelindan erat di Mainz dan Borussia Dortmund. Tidak sulit untuk membayangkan duet Subotic-Skrtel bersatu padu untuk menahan gempuran para penyerang ganas Liga Primer.

 

HENRIKH MKHITARYAN Posisi: Gelandang serang
Usia: 26 tahun
Banderol: £12,6 juta

Sebelum Henrikh Mkhitaryan memutuskan pindah ke Borussia Dortmund pada 2013, Liverpool ternyata juga mengincar playmaker asal Armenia ini. Kedatangan Klopp membuat Liverpool diperkirakan akan mencoba kembali memboyong Mkhitaryan ke Anfield di bursa transfer tahun depan.

Memiliki visi bermain cerdas, umpan akurat, dan dribel mumpuni, kehadiran sosok kreatif seperti Mkhitaryan bakal sangat dibutuhkan Liverpool jika duo Brasil, Philippe Coutinho dan Roberto Firmino, tidak mampu memperbaiki situasi. Bukan cuma itu, Mkhitaryan juga bisa diposisikan sebagai gelandang sentral jika diperlukan.

 

ILKAY GUNDOGAN Posisi: Gelandang sentral
Usia: 24 Tahun
Banderol: £14 juta

Kepergian sang legenda Steven Gerrard, cederanya kapten Jordan Henderson, lebih seringnya Emre Can menjadi bek, hingga performa pas-pasan Lucas Leiva dan Joe Allen, membuat lini tengah Liverpool seakan tak berkelas. Sampai-sampai, si serbaguna James Milner, yang notabene berstatus pemain baru, diminta untuk menjadi jenderal lapangan tengah. Maka, kehadiran Ilkay Gundogan niscaya akan menaikkan derajat para gelandang Liverpool.

Namun, Liverpool bukan satu-satunya pembidik Gundogan. Klub-klub raksasa seperti Bayern Munich dan Barcelona juga ngebet mendatangkannya. Beruntung, Liverpool sudah dibesut Klopp yang bisa mengubah pikiran Gundogan. Banderol Gundogan, yang menurut Transfermarkt hanya £14 juta, dipastikan akan melambung mengingat sang pemain terus menjelma menjadi salah satu sosok terpenting di Signal Iduna Park.

 

MARIO GOTZE Posisi: Gelandang serang
Usia: 23 tahun
Banderol: €31,5 juta

Seluruh bidikan Klopp berasal dari Dortmund semua? Tentu saja tidak. Mario Gotze bisa menjadi target transfer Liverpool non-Dortmund, terlepas dari fakta bahwa Klopp dan Gotze pernah menjalin hubungan erat di Westfalenstadion. Saat ini, Gotze menjadi bintang yang sinarnya mulai redup di antara kumpulan bintang lain di Bayern Munich. Rasa frustrasi Gotze kian bertambah akibat cedera terbaru yang membuatnya bakal absen hingga tiga bulan ke depan.

Seperti mencari kesempatan di dalam kesempitan, Liverpool diharapkan bisa memboyong Gotze untuk menambah daya dobrak di lini depan yang terasa kurang dinamis sepeninggal Raheem Sterling. Harga mahal tentu bukan kendala bagi Liverpool yang terkenal royal dalam belanja pemain. Bukan begitu?

 

YUNUS MALLI Posisi: Gelandang serang
Usia: 23 tahun
Banderol: £3 juta

Alternatif yang lebih murah dari Gotze dan Mkhitaryan adalah bintang baru Mainz, Yunus Malli. PlaymakerJerman keturunan Turki ini tampil gemilang di awal musim ini dengan sudah menorehkan enam gol dari delapan pertandingan Bundesliga Jerman, termasuk hat-trick impresif ke gawang Hoffenheim pada pertengahan September lalu.

Kedekatan Klopp dengan Mainz dipercaya bisa memuluskan transfer ini. Meski demikian, Malli tidak akan mengambil risiko untuk menjadi pemain lapis kedua di Liverpool yang memiliki stok gelandang serang lebih dari cukup.

 

MARCO REUS Posisi: Sayap
Usia: 26 tahun
Banderol: €31,5 juta

Sebenarnya, dari semua kandidat di atas, satu-satunya pemain yang diinginkan fans Liverpool so f**king badadalah Marco Reus. Dalam beberapa musim terakhir, sayap matang berusia 26 tahun ini menjadi pemain terpanas di seantero Eropa dan Liverpool menjadi salah satu pengagum terbesarnya.

Ketidakmampuan Liverpool merekrut Reus di beberapa bursa transfer terakhir sungguh disayangkan. Alih-alih memboyong Reus, Liverpool justru menghamburkan uang dengan mendatangkan pemain yang belum teruji seperti Lazar Markovic, Adam Lallana, dan Roberto Firmino. Semoga kehadiran Klopp menjadi nilai tambah Liverpool untuk membujuk si pemain idaman ke Anfield.

To Top