Update

Ambisi Prancis Ulangi Kesuksesan 1984

indolivescore.com –

PRANCIS ditunjuk menjadi tuan rumah Euro 2016 yang digelar pada 10 Juni hingga 10 Juli. Termasuk tahun ini, total tiga kali Prancis menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan yang mempertemukan antarnegara Eropa tersebut.

Pertama kali Prancis menjadi tuan rumah Euro pada 1960. Saat itu Jean Vincent dan kawan-kawan hanya mampu menduduki posisi empat setelah ditumbangkan Cekoslovakia –sekarang Republik Ceko dan Slovakia– dengan skor 0-2 diperebutan tempat ketiga.

Sementara digelaran kedua yang berlangsung 1984, Les Blues –julukan Timnas Prancis– berhasil menjadi yang terbaik. Saat itu Michel Platini dan kawan-kawan mengalahkan Spanyol di partai puncak dengan skor 2-0.

Meraih gelar juara di kandang itulah yang dicoba negara asuhan Didier Deschamps pada gelaran Euro tahun ini. Bermodalkan pemain-pemain bertalenta seperti Paul Pogba dan Antoine Griezmann, bukan tak mungkin trofi juara yang diberi nama Henry Delaunay dapat diraih sekaligus mengikuti kesuksesan tim pada 1984 yang meraih juara di negara sendiri.


Jika meraih gelar juara pada edisi kali ini, hal itu berarti sudah tiga kali Prancis meraih gelar juara. Selain pada 1984, Prancis pernah menjadi kampiun Euro pada 2000. Saat itu David Trezeguet dan kawan-kawan mengalahkan Italia dengan skor 2-1 di partai puncak.

To Top