👍 Sepakbola Inggris

Amankan Gawang Arsenal, Cech Pakai 3 Bahasa

indolivescore.com – Petr Cech buka-bukaan soal resep menjaga gawang Arsenaljauh dari kebobolan. Ternyata dia punya trik tersendiri untuk berkomunikasi dengan para pemain bertahan.
Arsenal sejauh ini kebobolan 18 kali di Liga Primer. Meski tidak mengesankan, tapi catatan itu cukup bagus karena menjadi menjadi tim keempat paling jarang kecolongan.

Kredit khusus diberikan kepada Cech di bawah mistar. Penampilan apik pemain yang baru saja mencetak rekor clean sheet itu dinilai sebagai kunci utama keberhasilan.

Tapi ternyata Cech tak mau sendirian mengklaim pencapaian tersebut. Dia menyatakan para pemain lain di lini belakang juga punya peran signifikan.

Bagi Cech, supaya gawangnya terhindar dari ancaman lawan, yang harus dilakukan adalah menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya tersebut. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi salah paham, mantan kiper Chelsea tersebut sengaja memakai tiga bahasa sekaligus untuk mengkoordinasikan lini belakang.

“Saya bicara kepada bek sayap, Hector Bellerin dan Nacho Monreal menggunakan bahasa Spanyol. Kepada Laurent Koscielny dengan bahasa Prancis dan Per Mertesacker dengan bahasa Inggris,” kata Cech dikutip Daily Mail.


“Kadang pemain asing tidak paham ucapan saya. Oleh sebab itu lebih mudah mengatakan dengan bahasa mereka, agar lebih mudah dimengerti,” sambungnya.

To Top